Bisa dikatakan, zaman sekarang semakin sulit menemukan seseorang yang memiliki jiwa yang tulus. Sebab, saat ini banyak orang memilih bersikap cuek demi memproteksi dirinya agar tidak mudah dimanfaatkan orang lain dan sebagian lagi ada yang memang memiliki pembawaan egois dan hanya mementingkan diri sendiri.

Namun orang yang memiliki sifat yang tulus sampai kapan pun hatinya akan tetap sama. Sifat tulusnya tetap akan terlihat menonjol dalam dirinya. Lalu apa saja ciri-ciri seseorang yang memiliki jiwa yang tulus? Berikut enam di antaranya. 

1. Tidak senang terlibat gosip

Orang yang berjiwa yang tulus biasanya tidak menyukai aktivitas gosip. Kalau pun ada sekelompok orang yang mengajaknya bergosip biasanya mereka tidak akan terlalu menanggapi gosip tersebut. Karena sesungguhnya mereka cenderung tidak nyaman saat berada di sekitar orang-orang yang senang menggosipkan sesamanya.

2. Memandang orang lain sama seperti dirinya

Orang yang tulus juga tidak suka membanding-bandingkan orang satu sama lain. Mereka dikenal ramah dan humble pada siapa saja tanpa melihat usia, status dan latar belakang orang tersebut. Dalam menjalin hubungan pada siapapun, dirinya akan memandang dan memperlakukan orang lain sama sederajat dengan dirinya. 

3. Peka pada situasi dan kondisi yang sedang menimpa orang lain

Selain itu, orang yang tulus biasanya lebih peka pada situasi dan kondisi yang sedang dialami orang lain. Rasa simpati dan empati yang dia miliki membuatnya mampu menempatkan posisinya di situasi orang lain. Dirinya dikenal memiliki kepedulian bahkan tak segan untuk menenangkan dan menyemangati orang lain disaat orang tersebut sedang membutuhkan supportdari orang sekitarnya.

4. Suka menolong sesamanya

Mereka juga dikenal sebagai pribadi yang suka menolong sesamanya terlebih orang terdekatnya sendiri. Saat dirinya mengetahui orang-orang disekitarnya sedang mengalami kesusahan, biasanya mereka akan jadi orang pertama yang akan menawarkan bantuan. Bahkan karena seringnya mendahulukan kepentingan orang lain diatas kepentingannya sendiri tak jarang hal demikian justru menjadi bumerang baginya sendiri.

5. Biasanya memiliki hati yang sensitif

Seorang yang tulus biasanya memiliki hati yang sensitif, lembut dan gak tegaan pada orang lain. Sisi sensitifnya ini yang membuat dirinya mudah bersimpati dan iba pada situasi dan kondisi kurang baik yang sedang menimpa orang lain. 

6. Tidak suka mengungkit dan menceritakan kebaikan yang telah ia berikan pada orang lain

Dan yang terakhir, orang yang tulus akan ikhlas dalam berbuat kebaikan tanpa mengharap balasan dari orang-orang yang pernah mereka tolong. Mereka juga bukan tipe akan mengumbar dan menceritakan segala kebaikannya hanya demi mendapat sebuah pujian dan pengakuan dari orang lain.

Nah, itu tadi enam ciri seseorang yang memiliki hati yang tulus. Apakah mereka ada disekitarmu atau itu adalah kamu sendiri?

Sumber : Idntimes 


Share To:

redaksi

Post A Comment: