PALEMBANG, INFOSEKAYU.COM - Sebanyak 30.000 dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac tiba di Palembang, Sumatera Selatan pada Senin (4/1/2021).

Kasi Survailance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Yusri mengatakan, 30.000 vaksin tersebut telah dibawa dari Gudang Biofarma, Bandung, Jawa Barat.

Puluhan ribu vaksin itu diangkut lewat jalur darat dengan pengawalan ketat.

Setelah tiba di Palembang, vaksin itu akan langsung dibongkar muat di gudang penyimpanan vaksin milik Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel.

"Dini hari nanti (Senin) kemungkinan (vaksin) sudah sampai di Palembang," kata Yusri lewat pesan WhatsApp, Minggu (3/1/2020).

Yusri menjelaskan, terdapat 38.140 tenaga kesehatan yang akan diberikan vaksin dimulai pada (14/1/2021).

Prioritas utama yang mendapat vaksin adalah tenaga kesehatan dan keluarga mereka.

Para penerima vaksin akan dikonfirmasi dari Dinas kesehatan setempat melalui SMS.

"Tenaga kesehatan, TNI/Polri yang diutamakan dulu, setelah itu baru masyarakat umum. Mereka yang menerima vaksin akan mendapatkan sms untuk mengisi formulir data diri," ujarnya.

Proses vaksinasi akan berlangsung di rumah sakit dan tempat layanan kesehatan lain. Para penerima vaksin bisa memilih lokasi mana pun yang mereka inginkan sesuai tanggal dan jadwal masing-masing.

"Mereka harus datang sesuai tanggal, tempat dan jam yang telah diisi dalam proses pendaftaran. Nantinya di lokasi vaksin, akan kembali dilakukan pencocokan data," ujarnya.

Di Sumatera Selatan, ada sekitar 50.000 tenaga kesehatan dan penunjang yang terdaftar untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Setelah mereka divaksin, vaksinasi menyasar masyarakat umum di rentang usia 18-59 tahun.

"Tahap awal di Sumsel 30.000 vaksin. Kemudian tahap dua sekitar 28.000 vaksin. Setelah berada di gudang, nanti didistribusikan ke tujuh Kabupaten kota Sumatera Selatan," ungkapnya.

Sumber : KOMPAS.com 


Share To:

redaksi

Post A Comment: