Sekayu, Infosekayu.com -Tenaga kesehatan (Nakes) rumah sakit umum daerah (RSUD) Sekayu, Kamis (12/8) mulai dilakukan penyuntikan vaksin dosis ketiga atau vaksin Booster bermerk Moderna. Sebanyak 40 vial atau 560 dosis vaksin moderna akan disuntikan kepada 560 nakes.

Direktur RSUD Sekayu dr Makson Parulian Purba MARS melalui humas RSUD Andodi mengatakan untuk tahap pertama penyuntikan vaksin mederna pada nakes di RSUD Sekayu hari ini sudah mulai dilakukan.

” untuk jumlah nakes yang terdaftar tahap pertama penyuntikan vaksin dosis ketiga ini sebanyak 263 nakes, untuk tahap keduanya akan dilakukan minggu depan dimana sisa nakes yang akan di suntikan vaksin dosis ketiga yakni 297 nakes.” Ungkap Andodi.

Dikatakanya, vaksinasi dosis ketiga ini diprioritaskan bagi seluruh tenaga kesehatan yang bersentuhan atau kontak langsung dengan pasien Covid 19,“Vaksin ini merupakan vaksin booster, vaksin ini untuk mendongkrak atau memperkuat imunitas para nakes dimana para nakes ini merupakan Garda terdepan dalam penanganan kasus pasien covid 19, “imbuhnya.

Sementara sebelumnya,Kepala dinas kesahatan (Kadinkes) Kabupaten Muba dr Azmi Dariusmansyah MARS melalui Kasi surveilans dan imunisasi Seftiani Peratita SS MKesmengatakan Vaksin dosis ketiga akan disuntikan kepada nakes secara bertahap.

“Untuk di Kabupaten Muba sendiri kemarin, kita menerima vaksin moderna sebanyak 200 vial, untuk 1 vial 14 dosis, total dosis 2800 dosis atau sebanyak 2800 nakes akan disuntik,”ungkap Septiana kemarin

Dikatanya, untuk jumlah nakes yang bakal menerima vaksin dosis ketiga ini sendiri estimasi keseluruh termasuk tenaga kesehatan di tiga rumah sakit daerah yakni sebanyak 35000 Nakes.

“Besok, nakes di RSUD Sekayu akan menerima suntikan vaksin dosis ketiga atau vaksin booster,”bebernya.Untuk syarat nakes yang bisa disuntikan vaksin dosis ketiga ini, seftiani menerangkan nakes harus sudah di vaksiniasi dosis pertama dan kedua.

“Jadi, interval untuk bisa dilakukan vaksiniasi dosis ketiga ini, 3 bulan setelah nakes melakuan vaksinasi dosis kedua,”terangnya. Seftiani menyebut, untuk kejadian ikutan pasca imunisasi) KIPI sendiri, Ia menyebut tidak jauh berbeda dengan vaksinasi dosis ke dua.

“Kita belum mempunyai pengalaman jadi kita belum mengetahui secara pasti,besok baru akan kita mulai penyuntikan vaksin dosis ketiga ini,”imbuhnya. Sebagai informasi untuk capaian vaksinasi di Muba hingga Agustus 2021 mencapai 13.80 persen dari total sasaran termasuk usia 12 tahun ke atas.

Total dosis vaksin yang sudah diterima Muba yakni sebanyak 121.220 dosis, dan hingga Agustus 2021 ini sudah 96.576 dosis vaksin yang sudah disuntikkan untuk seluruh warga masyarakat Muba.

Sumber : sumsel.news 

Share To:

redaksi

Post A Comment: