BANDUNG, INFOSEKAYU.COM  - Mandi sebelum subuh memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Sayangnya tak sedikit yang malas atau tak ingin bersentuhan dengan air yang cukup dingin pada pagi buta tersebut.

Mandi sebelum subuh sebenarnya cukup umum dan tak sedikit kalangan pemeluk Islam yang melakukannya. Selain dapat membuat tubuh menjadi jauh lebih fresh, masih ada banyak keutamaan mandi subuh lainnya yang bisa Anda dapatkan. Oleh sebab itu berikut manfaat mandi subuh bagi kesehatan yakni:

Pertama. Mencegah Hipertensi - Jika keluarga Anda ada yang mengalami hipertensi, sangat penting untuk mandi sebelum subuh secara rutin. Manfaatnya dalam mencegah hipertensi bisa semakin terasa ketika Anda mandi dengan air dingin.

Air dingin yang mengalir dari ubun-ubun ke seluruh tubuh saat mandi subuh memiliki manfaat mengurangi resiko terkena hipertensi, menekan gejala varises dan pembuluh darah yang mengeras.
Kedua. Membersihkan Racun - Racun dalam tubuh akan terbuang dari tubuh melalui kelenjar keringat. Pada saat itu manfaat mandi sebelum subuh akan sangat berperan penting karena dapat membantu proses pembersihan racun dengan sangat mudah.

Dengan rajin mandi pada waktu subuh, Anda juga bisa membantu sistem kerja hati yang berfungsi menyaring racun sehingga tubuh Anda jauh lebih sehat.

Ketiga. Melancarkan Peredaran Darah - Salah satu manfaat mandi subuh adalah dapat melancarkan sistem peredaran darah. Sehubungan dengan hal tersebut, Research Institute of Platelet di Inggris menyebutkan bahwa mandi sebelum subuh sangat dianjurkan jika menggunakan air dingin.

Dengan mandi menggunakan air dingin di waktu subuh, sistem peredaran darah akan semakin lancar. Selain itu tubuh juga akan lebih sehat dan terasa segar sehingga menjalankan aktivitas harian akan jauh lebih bersemangat nantinya. 

Sumber : JABARNEWS 

Share To:

redaksi

Post A Comment: