SEKAYU, INFOSEKAYU.COM - Mengenakan kaos putih polos bertuliskan "BIASO BAE" Plt Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi SIP didampingi Wakil Ketua I TP PKK Muba Susy Imelda Beni, mendatangi pelataran Gedung Olahraga (GOR) Ranggonang untuk meresmikan Gebyar Millenial Bussines Creative Twenty One yang digelar oleh Pemkab Muba melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dispendag), Jumat (26/11/2021).

Plt Bupati Muba Beni Hernedi SIP mengatakan dengan adanya kegiatan semacam pameran ini, para pelaku usaha diharapkan memiliki kemampuan mengeksplorasi secara baik semua sumber daya yang merupakan ciri khas daerah, sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan manfaat lainnya dapat dicapai.

Lanjut Beni, Pemkab dalam hal ini mengajak generasi milenial menjadi agen perubahan dalam mendobrak bangkitnya produk-produk local kreatif dan inovatif UMKM dalam ekosistem ekonomi digital. 

"Diharapkan pula apresiasi masyarakat tumbuh untuk lebih menghargai hasil karya UKM yang berkualitas. Mudah-mudahan apa yang dilakukan ini dapat menjadi titik tolak untuk membangkitkan ekonomi rakyat ditengah tantangan pandemi COVID-19 saat ini,"ucapnya.

Ketua PMI Kabupaten Muba ini juga menyampaikan, sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi motor penggerak usaha dan UMKM, generasi milenial harus memiliki rasa cinta dan bangga terhadap produk buatan daerah sendiri.

"Kepada para peserta pameran, saya harapkan untuk selalu mengobarkan semangat pantang mundur, semangat belajar serta semangat kemandirian dan solidaritas sesama UKM, yang akan menjadikan semua tumbuh berkembang untuk meraih kesejahteraan yang diharapkan,"pungkasnya.

Menurut laporan Kepala Disperindag Kabupaten Muba Azizah SSos MT, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pelaku usaha/UMKM/IKM/para pengrajin khususnya kaum muda/millenial untuk meningkatkan wawasan dan mempromosikan produk mereka agar mampu bersaing baik di tingkat lokal maupun nasional. 

Kemudian bertujuan untuk membuka peluang bisnis dan kerja sama bisnis serta mendorong pelaku usaha untuk kreatif inovatif dalam melakukan produksi sehingga mampu bersaing di pasar yang lebih luas dan mendukung program pemulihan ekonomi masyarakat khususnya yang terdampak pandemi COVID-19.
"Sasaran kegiatan ini adalah pelaku usaha atau wirausaha muda yang berada dalam wilayah Kabupaten Muba dengan jumlah pelaku usaha sebanyak kurang lebih 50 orang dengan berbagai jenis usaha seperti fashion, industri kreatif, kerajinan, kuliner, pangan, jasa online (market place/ojek),"paparnya.

Azizah juga menjelaskan, Disperindag Kabupaten Muba menyediakan 10 unit tenda kerucut ditambah dengan tenda sponsor dan kuliner. Waktu pelaksanaan kegiatan ini adalah selama 5 hari mulai tanggal 26 sampai dengan 30 Nopember 2021, dibuka pukul 09.00 wib sd 17.00 wib setiap hari. Lokasi kegiatan di halaman GOR Ranggonang Sekayu.

"Selain menyediakan tenda dan lahan untuk pameran produk unggulan dan ekonomi kreatif Kabupaten Muba, juga diselenggarakan kegiatan workshop/seminar dengan tema membangun usaha kreatif di tengah pandemi untuk mendukung ekonomi bangkit di Kabupaten Muba, dilaksanakan setiap hari secara outdoor dengan nara sumber ahli dari Kementerian Perindustrian RI, LPKS Citra Cindo Palembang, IWAPI Muba dan Disperindag Provinsi Sumsel,"paparnya.

Kepala Disperindag Kabupaten Muba juga melaporkan, bahwa kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendukung penyelenggaraan malam Anugerah Pariwisata Indonesia 2021 dimana Kabupaten Muba menjadi tuan rumah pada event nasional tersebut.
Share To:

redaksi

Post A Comment: