PALEMBANG, INFOSEKAYU.COM  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) tidak hanya memaksimalkan serapan tenaga kerja lokal, tetapi juga mempersiapkan agar mahasiswa sebagai putra daerah bisa lebih mumpuni menghadapi tantangan akan lapangan kerja.

Hal tersebut diutarakan Plt Bupati Muba, Beni Hernedi, penandantanganan kerjasama Pemkab Muba, Politeknik Sekayu, dan Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri), di Graha Polsri Palembang, Jumat (11/11/2021).

“Kita tidak hanya mensukseskan serapan saja seperti yang sudah kita realisasikan di Muba, tetapi juga mahasiswa Politeknik Sekayu juga harus dipersiapkan untuk mumpuni menghadapi persiapan kerja,” ujar dia.

Beni mengungkapkan, sinergi dan kerjasama Pemkab Muba dengan Polsri Palembang juga terkait Peraturan Daerah Kabupaten Muba Hijau Energi Baru dan Terbarukan. Tentunya dengan menggandeng Polsri Palembang menjadi hal yang tepat dan berkesinambungan.

“Dalam waktu dekat Pemkab Muba memberi insentif ke desa-desa terkait upaya dan komitmen mewujudkan Muba hijau dan energi baru terbarukan. Kami sangat harapkan agar apa dijalankan dengan Polsri ini bisa berkolaborasi dengan baik,” ungkap dia.

Beni melanjutkan, dengan adanya bonus demografi 10-15 tahun ke depan, akan menjadi tantangan tersendiri bagi Kabupaten Muba.

“Tentu dengan memaksimalkan kualitas dan peranan pendidikan Vokasi akan menjadi solusi menghadapi tantangan bonus demografi,” ujar dia.

Direktur Polsri, Dr Ing Ahmad Taqwa MT menuturkan, sebenarnya apa yang sudah dijalankan Pemkab Muba selama ini dan yang akan datang, terkait green industri sangat selaras dengan Polsri.

Taqwa menambahkan, komitmen Pemkab Muba dalam mencetak generasi yang unggul sangat luar biasa serta memaksimalkan serapan tenaga kerja lokal.

“Ini terbukti dengan keberadaan Muba Vocation Center serta Perda di Muba yang mengatur dan mewajibkan perusahaan di Muba untuk merekrut tenaga kerja lokal,” tutur dia.

Sementara, Ketua Yayasan Muba Sejahtera (Politeknik Sekayu), Hairad Sudarso didampingi Direktur Politeknik Sekayu, Mardiana SE MM mengatakan, pihaknya berencana akan menambah dua jurusan baru yakni DIII Teknik Pengolahan dan DIV Teknik Mesin.

“Karena banyak perusahaan perusahaan di Muba dengan skema menyerap SDM lokal, kami merasa perlu menambah jurusan ini dan mendapatkan pendampingan dari Polsri Palembang,” tandas dia. 

Sumber : fornews.co

Share To:

redaksi

Post A Comment: