SEKAYU, INFOSEKAYU.COM  - Plt Bupati Musi Banyuasin (Muba) menerima pengurus Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) Kabupaten Muba dalam rangka melakukan Audiensi, bertempat Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Rabu (23/3/2022).

Pertemuan dengan rombongan pengurus AWDI Muba dikemas dengan silaturahmi bersama dan berlangsung penuh keakraban. Turut dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Muba Jonny Martohonan AP, Kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Harryandi Sinulingga AP dan Kepala Bagian Umum Setda Muba Sefrizal SE.

Mengawali pembicaraan, Ketua AWDI Muba Darul Kutni menyampaikan terima kasih atas diterimanya pengurus AWDI Muba untuk melakukan audensi dan bersilaturahmi dengan Plt Bupati Muba, sekaligus memaparkan sejarah singkat dan keberadaan organisasi AWDI di tingkat Kabupaten Muba.

"Organisasi AWDI merupakan salah satu penetus lahirnya Undang-undang Pers nomor 40 tahun 1999, dalam pergerakannya AWDI sudah mulai terbentuk kembali kepengurusan di tingkat provinsi, kabupaten/kota di Indonesia, termasuk di Kabupaten Muba sudah resmi statusnya sejak Januari 2022, dan memiliki anggota pengurus lebih kurang 40 an orang,"paparnya.

Darul juga menjelaskan beberapa misi organisasi AWDI diantaranya, sebuah moto yaitu, Menuju Insan Pers yang Mandiri, Sejahtera dan Independen, Mengawal Undang Undang Pers, Mewujudkan Pilar Negara yang Kokoh dan Solid dalam bingkai Nasionalisme yang bermartabat dan beragama.

“Hadirnya AWDI Kabupaten Muba akan menghimpun, membina serta mengarahkan seluruh insan pers yang tergabung untuk bekerja keras dalam membangun jati diri bangsa dan masyarakat atas dasar demokrasi,” ujarnya.

Menanggapi apa yang disampaikan, Plt Bupati Beni menyambut baik atas keberadaan organisasi AWDI Kabupaten Muba ini. Sudah seharunya sebuah organisasi itu harus melopor kepada pemerintah setempat agar terdaftar secara resmi dan diakui keberadaanya.

"Prinsipnya para media atau wartawan sudah seharusnya mematuhi Undang-undang pers dan kode etik jurnalistik dalam membuat suatu pemberitaan, sehingga tetap memproduksi informasi pada jalur yang benar dan tepat,"ucapnya.

Beni juga berpesan kepada pengurus dan amggota AWDI agar jangan mudah terpecah belah, organisasi yang baik itu harus bisa mengelola dinamika dalam berorganisasi.

"Semua wartawan yang tergabung dalam AWDI ini tentunya atas dasar kesamaan pandangan, maka saya yakin kalian yang bergabung pada AWDI karena punya ideologi yang sama, namun juga kebalikanya, jika terdapat perbedaan pandangan atau ada yang berkentingan sendiri, nah disitulah terjadi perpecahan dalam sebuah organisasi,"ucapnya.

Lanjutnya, "Kami ucapkan selamat bertugas kepada pengurus AWDI Muba, tentunya Pemkab Muba mengharapkan kolaborasi dan bekerjasama dengan AWDI dalam mewujudkan pencapaian cita-cita bangsa dan negara,"pungkas Beni.
Share To:

redaksi

Post A Comment: