Sekayu-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin (Dikbud Muba) melalui bidang Kebudayaan menyelenggarakan workshop tata kelola sanggar seni yang diikuti oleh perwakilan sanggar seni se Kabupaten Musi Banyuasin pada hari rabu-kamis, tanggal 7-8 September 2022 di Wisma Atlit Sekayu. 

Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin, Drs. Iskandar Syahrianto, M. H. Melalui Kepala Bidang Kebudayaan, H.Muardi, S. Pd., M.M menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia khususnya di Bidang Pengelolaan Sanggar Seni, selain itu agar tercipta sinkronisasi antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan para pelaku seni yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin melalui silaturrahmi.

"Kegiatan ini sebagai sarana peningkatan kualitas SDM para pengelola sanggar seni di Kecamatan, agar mereka lebih giat dalam membangun dan mengembangkan sanggar seni nya. Karena selain perhatian dari Pemerintah daerah, juga merupakan program strategis Nasional, karena Seni merupakan salah satu dari sepuluh objek pemajuan Kebudayaan yang harus dilindungi, dibina, dikembangkan dan dimanfaatkan", Ujarnya. 

Ketika ditanya tentang Para pemateri yang mengisi acara, H. Muardi, S.Pd.,M.M menyampaikan, bahwa para pemateri merupakan praktisi dan akademisi seni yang memang profesional di Bidang nya dan salah satunya dari Direktorat Pembinaan Lembaga dan Tenaga Kebudayaan. 

"Pemateri yang kita undang diantaranya adalah Ibu Treny Hera, M.Sn., Retna Susanti, M.Sn., Bpk Misral M.Sn., dan Ibu Twentip Yuliastuti, M. Sn dari FKIP Universitas PGRI Palembang. Ibu Surtia Ningsih, M.Hum dari Yayasan Srijaya Nasa Indonesia dan Rosita Wulandari pelatih tari tradisi". Jelasnya. 

Selain pemateri dari provinsi, kita juga kedatangan pemateri dari Direktorat Pembinaan tenaga dan Lembaga Kebudayaan, yaitu Ibu Agustina Rochyanti atau dikenal dengan Ibu Anti Yank Panel Ahli Platform Indonesiana - Direktorat PTLK Kemendikburistek".lanjutnya.

Saat dibincangi awak media, Ibu Anti Yank mengatakan sangat terkesan dengan Kabupaten Musi Banyuasin ternyata kaya akan seni budaya dan tradisi daerah yang sangat postensial untuk digali dan dikembangkan.

"Saya sangat terkesan, banyak potensi seni budaya yang bisa digali dan dikembangkan, apalagi dengan dukungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin atas Inisiasinya merangkul para seniman dan sanggar seni yang ada. Ada banyak program Nasional yang dapat diserap, Apalagi Jika Kabupaten Musi Banyuasin dapat menampilkan Sesuatu yang berbeda dan terbaik. Terima kasih, Sukses, Jaya yang Lama Musi Banyuasin", Tutupnya.

 

Share To:

redaksi

Post A Comment: