Infosekayu.com- Smartphone selalu mengalami pembaruan dari masa ke masa. Berbagai fitur baru ditanamkan ke dalam smartphone model terbaru dan menjadi nilai jual produk tersebut.Meski begitu,masih banyak orang yang mencari ponsel jadul alias model lawas lantaran harganya yang lebih murah atau ingin nostalgia dengan ponsel yang pernah dipakai saat SMA atau SMP.

1. Hasil Rekondisi
Tak sedikit konsumen yang mencari ponsel jadul di aplikasi e-Commerce.Alih-alih mendapatkan unit baru,ponsel yang dijual di toko online tersebut rata-rata kondisinya sudah bekas.Walau ada ponsel yang baru, biasanya ponsel tersebut hasil rekondisi. Inilah yang perlu untuk dihindari, sebab sebaik dan sebagus apapun barang hasil rekondisi, kinerjanya tak bisa seperti baru lagi.

2. Sulit Cari Aksesoris
Lantaran perangkatnya sudah tak diproduksi lagi, aksesoris ponsel lawas seperti charger, baterai hingga casing akan sulit ditemukan di pasaran.Kalau ada yang menjual, kamu harus membelinya secara online. Nah, saat membeli online ini pembeli tak bisa memastikan apakah barang dalam kondisi baik atau tak cocok dengan perangkatnya.

3. Tak Ada Garansi
Salah satu kelebihan membeli produk smartphone terbaru adalah adanya garansi. Jika barang rusak,bisa dilakukan perbaikan secara gratis. Sebaliknya, jika kamu membeli ponsel jadul yang sudah tak diproduksi lagi, segala kerusakan tak akan mendapat garansi perbaikan.
4. Rentan Terhadap Kerusakan
Ponsel jadul biasanya rentan mengalami kerusakan di bagian tertentu,misalnya bagian mikrofon dan membutuhkan perbaikan dengan harga yang variatif.Belum lagi ongkos perbaikannya. Tentunya ini tak sebanding dengan uang yang dirogoh untuk membeli ponsel yang harganya murah itu.
5. Tak Bisa Diisi Daya dengan Powerbank
Ponsel jadul dikenal dengan kapasitas baterainya yang tahan lama. Sekali mengisi daya, baterai perangkat tersebut bisa bertahan berhari-hari.Namun, apa jadinya jika kamu bepergian dan lupa mengisi daya ponsel kamu? Tentu dalam kondisi ini, powerbank adalah aksesoris yang dapat diandalkan.Sayangnya, pengisian daya ponsel jadul tidak dilakukan dengan kabel USB.Jadi bisa dipastikan kalau perangkat jadul tidak bisa diisi dayanya menggunakan powerbank.(LS)

Share To:

Post A Comment: