Palembang, infosekayu.com - Gubernur Sumatera Selatan mmenyatakan, progres pengerjaan proyek transportasi massal Light Rail Transit (LRT) segera rampung. Ketika rampung pada Februari 2018, orang nomor satu di Sumsel ini bakal mengajak wartawan menjajal LRT dengan uji coba perdana.

"Progresnyo aman. Prediksi paling cepat Februari 2018 sudah selesai, tinggal perlu duo sampe tigo bulan untuk uji coba. Paling lambat tuntasnyo akhir Mei atau awal Juli 2018," kata Alex. 

Dikatakannya bahwa pada uji coba perjalanan perdana menggunakan LRT ini, dirinya ingin mengajak rekan-rekan wartawan. 

"Agek perjalanan perdana LRT ini di gerbong paling depan diisi rombongan wartawan," kata dia sebelum meninggalkan Gedung DPRD Sumsel.

Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sumsel RA Anita Noeringhati mengatakan, perkembangan terakhir LRT masih "On Progress".  Ada beberapa bagian yang membutuhkan ekstra yaitu untuk pembuatan 6 depo atau stasiun LRT.

"Enam lokasi tersebut terkendala pengangkatan alat berat. Untuk mengangkat girder butuh lokasi yang cukup luas agar alat berat yang digunakan leluasa mengangkat girder dengan tonnase yang sangat berat itu. Kalau dipaksakan menangkat dengan alat berat ukuran lebih kecil maka dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan seperti di Jakabaring waktu itu," kata Anita.

Dikatakan politisi Golkar ini, paling tidak pihak kontraktor terus mempercepat pengerjaan proyek LRT yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Sumsel.

"Awalnya memang kontraktor dalam hal ini PT Waskita bilang bahwa LRT selesai akhir 2018, tapi kami ingin dipercepat kalau bisa selesai sebelum Asian Games, bukan hanya atasnya saja yang selesai, tapi juga bagian bawahnya dan akses jalan sudah harus diperbaiki oleh pihak yang terkait," tegasnya. (rm)
Share To:

Post A Comment: