Plakat Tinggi,Infosekayu.com  - Masih dalam peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2017,Tim Messenger of Muba Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Musi Banyuasin (Muba) bersama Pengurus Karang Taruna Muba mengunjungi Pondok Pesantren Raudatul Ulum Desa Cinta Karya Kecamatan Plakat Tinggi, selasa siang (31/10/2017)."Kunjungan kami ini untuk mendiskusikan rencana kegiatan Digital Santri Training yang akan diselenggarakan pada bulan november 2017 mendatang dengan pihak pengasuh pondok pesantren", ujar Dicky Meiriando, Sekretaris Dinkominfo Muba.
Menurut Dicky para santri pondok pesantren perlu diberikan pelatihan mengenai dunia digital terutama dalam penggunaan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) khususnya dalam penggunaan smartphone. Para santri akan diberikan materi mengenai teknik menulis pesan, fotografi, videografi, editing foto/video dengan menggunakan smartphone. Disamping itu para santri akan akan diajarkan cara membuat akun dan cara mengunggah tulisan, foto dan video di media sosial.
"Tujuannya agar para santri dapat menjadikan media sosial sebagai media dakwah dengan cara membuat konten-konten positif seperti membuat blog atau vlog tentang kegiatan keagamaan serta ikut berpartisipasi dalam kampanye melawan konten-konten negatif seperti : hate speech, hoax, bullying dan cyber radicalism", jelas Dicky.Dalam kesempatan itu,Dicky berharap semua santri yang ada di Kabupaten Muba nanti dapat bergabung menjadi Volunteer Messenger of Muba (relawan penyampai pesan Muba) dan dapat aktif berpartisipasi dalam menyampaikan pesan positif tentang Muba di media sosial.
Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Raudatul Ulum Kyai Ali Musripin sangat antusias dengan rencana digelarnya kegiatan ini. "Saya sangat senang kalau program ini bisa dilaksanakan di pondok pesantren kami. Tentu dengan pelatihan ini akan menambah wawasan para santri. Dengan adanya keterampilan menggunakan perangkat TIK, kedepan para santri dituntut tidak hanya mampu berdakwah di dunia nyata saja tapi juga berdakwah di dunia maya", harap Ali.
Terpisah Ketua Karang Taruna Muba Chandra Wijaya yang didampingi Dewan Penasehat Heriyanto Selamat Jaya dan Bendahara Karang Taruna Karnedi menyatakan mendukung program Messenger of Muba yang digagas oleh Dinkominfo Muba.(mo/se)

Share To:

Post A Comment: