INFOSEKAYU.COM- Pemkab Muba  terus berkomitmen mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dalam rangka mensukseskan Asian Games 2018. Demikian pernyataan ini ditegaskan Sekretaris Daerah Muba H Apriyadi MSi saat menghadiri rapat koordinasi khusus kebakaran hutan, kebun dan lahan Provinsi Sumatera Selatan tahun 2018 bertempat di Griya Agung Palembang, Senin (02/04/2018).

Dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla Pemkab Muba telah melakukan pemetaan lokasi daerah rawan dan sangat rawan karhutla terutama di kecamatan Bayung Lencir (muara merang dan muara medak) serta menempatkan posko induk dan 8 posko pembantu.
"Jika memang terjadi kebakaran hutan tahun ini, atas kesepakatan bersama Kami punya target paling lama 1 jam personil kami sudah di lokasi untuk melakukan pemadaman", jelasnya

Ditambahkannya, mulai tahun 2018 alokasi dana desa (ADD) dapat dimanfaatkan untuk mengapokasi masyarakat supaya lebih peduli lagi terhadap bahaya karhutla serta dalam waktu dekat Pemkab Muba akan melaksanakan apel gabungan kesiapan pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Muba.

Menanggapi laporan Sekda Muba, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengapresiasi perencanaan, pemetaan dan pendirian posko oleh Pemkab Muba untuk mencegah dan menanggulangi karhutbunla di wilayah hukum Muba.
"Semua fasilitas yang dibangun tersebut diatasi kertas keren, tetapi harus diiringi action dari kepala daerahnya", ujarnya

Beliau juga mengintruksikan seluruh kepala daerah mulai masuk musim kemarau sampai selesai Asian Games 2018 tidak boleh meninggalkan tempat kecuali izin dari Gubernur. Jika tidak dipatuh akan diberikan sanksi tegas. (Edp)



Share To:

Post A Comment: