Palembang, Infosekayu.com- Plt Tim Penggerak P/emberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Susy Imelda Beni Hernedi bersama pengurus Kabupaten mengikuti Rapat Konsultasi (Rakon) TP PKK Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2018 (25/4/2018). Rakon mengangkat tema, Sinergitas Program PKK mewujudkan keutuhan dan kerukunan keluarga sebagai perkuat bangsa.

Ketua TP PKK Sumsel, H Eliza Alex Noerdin mengatakan, keterkaitan dengan tema yang diangkat dimana basis PKK adalah keluarga, terwujudnya keluarga yang berkualitas maka terwujudnya bangsa yang kualitas.  "Dimulai dari bagaimana kita membina keutuhan dan kerukunan keluarga, kemudian ditularkan pada lingkungan sekitar sehingga akan terwujudnya keluarga yang sejahtera, bangsa yang kuat, "ujarnya.

Kehadirian para ketua dan pengurus TP PKK Kabupaten/Kota se Sumsel pada Rapat Konsultasi (Rakon) ialah untuk lebih mengaktifkan program PKK di Sumsel, dalam Rakon ini akan memperoleh banyak informasi dan kebijakan terkini yang sangat bermaanfaat dalam rangka operasionalisasi gerakan PKK.

Eliza mengatakan, Sengaja Rakon kali ini mengundang unsur dari Pemberdayan Masyarakat Desa setiap Kabupaten/kota, untuk mensosialisasikan adanya kebijakan baru, payung hukum PKK, Peraturan Presiden No 99 tahun 2017 tentang gerakan PKK. 

"Menyimak yang terjadi selama ini, dibeberapa tempat sangat kurang respon dari OPD terkait terhadap PKK, mengahdapi berbagai kendala di daerah maka dari itu dibuat Peraturan Presiden. Sangat penting dan strategis untuk optimalkan gerakan PKK, maka akan ada beberapa penyempurnaan dan peningkatan program PKK setelah disusulkan dan rekomendasikan, setelah rakernas pada akhirnya pemerintah memenuhi,"jelasnya.

Sementara itu dalam sambutan Gubernur Sumsel selaku Pembina TP PKK, disampaikan oleh Sekda Provinsi Sumsel, Nasrun Umar mengatakan, PKK sebagai mitra kerjannya pemerintah harus terus bersinergi. Berbagai program kerja PKK selaras dengan progran pemerintah telah dilaksanakan,  kedepan agar program yang direncanakan bisa tepat sasaran bagi kesejahteraan keluarga.

"Kami menyambut baik terlaksananya rakon ini, yang bertujuan selain mempererat tali silaturahmi PKK kabupaten/kota se Sumsel, untuk menyelaraskan program dengan pemerintah, gerakan PKK telah menunjukan keberhasilan dengan 10 program PKK,  lebih penting gerakan PKK telah menyumbangkan dharmabakti nya demi kesejahteraan keluarga, "ujar Sekda saat membuka Rakon PKK PKK di Griya Agung Palembang, Rabu (25/4/2018).

Sekda berharap, agar PKK dalam Provinsi Sumsel bisa mengajak masyarakat dalam program kerja untuk mendukung program pemerintah, sehingga tercipta SDM yang berkualitas, sosial, spiritual dan mental yang punya manfaat.

"Keterkaitan tema yang diangkat, saya mengharapkan agar menjadi pedoman dalam merumusan program kedepan, hal strategis yaitu, revolusi mental, peningkatan SDM dalam keluarga dan konsep keluarga sejahtera maka akan membawa kesejahteraan keluarga. Kepada pemerintah unruk mendukung Pokja PKK yang bermanfaat bagi masyarakat banyak, harus terus kita mantapkan, "tutup Nasrun. (Edp)



Share To:

Post A Comment: