Infosekayu.com- Hari Raya Idul Fitri disambut dengan penuh suka cita oleh seluruh umat muslim diseluruh dunia, tak terkecuali oleh warga Sekayu. Sekitar 100 orang berbusana muslim begitu antusias melakukan pawai obor selepas Isya dari TPQ Az-Zuhri Lingkungan 1 menuju Lingkungan 3 Kelurahan Kayuara dan kembali ke tempat semula, Kamis malam (14/06/2018).

Dengan berjalan kaki, Peserta pawai obor yang nampak diikuti oleh anak-anak SD, SMP hingga SMP ini dipandu berjalan beriringan dengan terus menyerukan alunan takbir sambil membawa obor.
“Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilahailallahu Allahu Akbar, Allahu Akbar Walillahiham,” bunyi gema takbir peserta pawai.

Ketua TPQ Az-Zuhri, Ahmad Syaifuddin Zuhri mengatakan, Tradisi menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan pawai obor sudah lama tidak dilaksanakan di Kelurahan Kayuara bahkan di kota Sekayu, makanya pada tahun ini TPQ Az-Zuhri bersama ARSI menghidupkan kembali tradisi ini.

“Untuk kedepannya apabila tidak bertentangan dengan peraturan pemerintah maka tradisi pawai obor setiap menyambut Idul Fitri akan dijadikan agenda tahunan oleh TPQ Az-Zuhri dan ARSI Muba,” ujar Ketua TPQ.

Sementara itu Ketua Arsi Muba, Herdoni Syafriansyah menyatakan bahwa Idul Fitri adalah hari kemenangan.
“Kita ingin memaknai bahwa dalam kegelapan selalu ada penerangan. Seperti itulah Islam, yang mengeluarkan kita dari zaman kegelapan menuju zaman cahaya, selain itu kita ingin menumbuhkan semangat Keislaman di dalam diri anak-anak sejak dini, " tutupnya. (Edp)



Share To:

Post A Comment: