INFOSEKAYU.COM -  Polres bersama pemerintah kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar Upacara Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat 2018, di Halaman Mapolres Muba, Rabu (6/6/2018). Apel gelar pasukan operasi rutin digelar menjelang hari raya idul fitri, dengan tujuan melakukan pengamanan selama pelaksanaan Idul Fitri 2018.



Apel ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia untuk mengecek kesiapan pasukan, peralatan dan kelengkapan pendukung operasi lainya. Seluruh pasukan nantinya akan ditempatkan di titik-titik pengamanan sesuai dengan tugasnya masing masing. Seperti rumah peribadatan, jalur mudik, rest area serta pusat-pusat kegitan eknomi masyarakat.

Bertindak selaku Inspektur Upacara dalam Gelar Pasukan ini Kapolres Muba, turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Muba, Drs H Apriyadi, MSi, FKPD dan OPD serta diikuti oleh jajaran Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, Damkar, BPBD, Dinkes dan Pramuka.

Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia yang disampaikan oleh Kapolres Muba, AKBP Andes Purwanti SE MM, menyatakan ada empat potensi kerawanan yang harus diwaspadai, pertama, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan, kedua, permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik, ketiga, antisipasi potensi bencana alam dan gangguan kamtibmas dan keempat ancaman tindak pidana terorisme.



Berikan himbauan baik melalui media cetak maupun elektronik tentang tertib berlalu lintas serta selalu waspada terhadap setiap ancaman kriminalitas, lakukan penggelaran kekuatan secara tepat pada setiap titik rawan macet, rawan kriminalitas, jalin kerjasama yang efektif dengan instansi terkait, lakukan upaya antisipasi terhadap potensi terjadinya aksi tawuran antar warga, serta lakukan tindakan tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum selama perayaan Idul Fitri 1439 H.

“kekuatan Polri didukung TNI, Pemkab, serta instansi terkait, dapat mampu menjamin terpeliharanya Kamtibmas yang kondusif pada perayaan Idul Fitri 1439 H,” ujar Kapolres.




Terkait kelancaran arus mudik dan pencegahan terjadinya Lakalantas di Muba, mewakili Plt Bupati, Sekda mengajak Polres Muba bersinergi,ia juga telah memerintahkan dinas terkait agar meningkatkan himbauan tentang disiplin berlalu lintas. Penambahan rambu-rambu jalan serta menyiagakan alat berat serta mobil derek di titik-titik rawan kecelakaan dalam melakukan penanggulangan jika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. /red/

 
Share To:

Post A Comment: