INFOSEKAYU.COM - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Musi Banyuasin gelar Deteksi Dini / pencegahan Kanker Rahim Melalui Iva Test, dan sosialisasi pijat/akupresure untuk sakit kepala yang dirangkum dalam pelatihan Pokja IV TP PKK Muba bertempat di Wisma Atlet Sekayu, Rabu (25/7/2018).



Mewakili Ketua, Wakil TP PKK Kabupaten Muba Susy Imelda Beni dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini salah satu upaya pemerintah daerah dalam perlawanan terhadap kanker serviks atau kanker mulut rahim kepada para wanita serta para ibu.

“Kegiatan ini sebagai komitmen pemerintah dalam upaya melakukan pencegahan melalui upaya promotif dan preventif dalam penanggulangan kanker,” terangnya.

Lebih lanjut Susy mengatakan, mendeteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan IVA, merupakan salah satu upaya dalam menekan serta mengurangi jumlah penderita penyakit yang menjadi momok bagi kaum hawa.




Dikatakannya, hasil dari survei Dinas Kesehatan Muba menyebutkan, dari 700 wanita terdapat sekitar 80 wanita positif terdeteksi menyandang kanker. Angka tersebut harus menjadi perhatian serius pemerintah, bahwa bahaya kanker menjadi adalah masalah yang serius.

Istri Wakil Bupati Muba ini juga menjelaskan tujuan ssosialisasi pijat/akupresure yaitu, memeberikan pemaghaman kepada kaum ibu-ibu bagi yang sering mengalami sakit kepala, ada cara yang lebih mudah meredakannya dibanding terus bergantung pada obat, yaitu dengan melakukan pijat akupresur. /red/

 
Share To:

Post A Comment: