INFOSEKAYU.COM - Meski tergolong wilayah Kabupaten, namun kemajuan infrastruktur di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) banyak membuat kagum banyak pihak dan dinilai setara dengan wilayah perkotaan yang maju pesat.



Misalnya saja, yang diakui sebanyak 50 peserta Festival Kabupaten Lestari (FKL), yang menilai Muba di era kepemimpinan Bupati Dodi Reza Alex Noerdin dan Wakil Bupati Beni Hernedi tidak hanya sejahtera saja, tetapi memiliki sarana dan prasarana yang canggih.

"Meski berada jauh dari pusat kota di wilayah Sumsel, tapi Kabupaten Muba ini unik. Punya command center yang sangat canggih dan lengkap," ujar salah satu peserta FKL yang juga penggiat lingkungan, Dwi Safitri, Kamis (26/7/2018) saat berkunjung ke command center Pemkab Muba.

Menurutnya, Kabupaten Muba memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan daerah lainnya, selain komitmen dan konsisten dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, Pemkab Muba juga mengedepankan kecerdasan masyarakat untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi.

"Ya, dengan command center, kecanggihan teknologi di Muba ini sangat berkelas. Belum lagi, di Kabupaten ini juga bakal menggratiskan jaringan wifi untuk warga hingga ke kawasan pelosok, mungkin komitmen Pemkab Muba yang seperti ini juga patut dicontoh daerah lain di Indonesia," bebernya.

Sementara itu, Sekda Muba Drs H Apriyadi, MSi, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Kabupaten Musi Banyuasin semoga kunjungan ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan terutama dalam  mendorong perwujudan visi Kabupaten Lestari.

"Walaupun waktunya singkat, kami berharap saudara bisa menikmati suasana di Musi Banyuasin dan meningkatkan motivasi kita dalam kenjaga kelestarian di Indonesia", ujarnya.


Sementara itu Plt Kadis Kominfo Muba Dicky Meirindo, SSTP, MH, dalam paparannya menyampaikan pada hari pertama peserta festival kabupaten lestari akan melakukan kunjungan lapangan ke kecamatan Keluang meninjau UPPB untuk mendengarkan penjelasan operasional, lelang dan pengelolaan UPPB dilanjutkan mengunjungi KUD peserta replanting kelapa sawit.

"Nah, nanti juga akan mengunjungi Danau Ulak Lia untuk berdiskusi, yang lokasi tersebut dalam waktu dekat akan dibuat kebun raya dan peserta ramah tamah bersama Bupati Muba di Sekayu water front.

"Selain itu, para peserta akan melakukan kegiatan peduli lingkungan di water front dan setelahnya akan mengunjungi PT Pinago Utama," pungkasnya. /red/


Share To:

Post A Comment: