INFOSEKAYU.COM - Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu yang cukup lama aakibat pemberian makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi, dan dapat terjadi mulai janin masih dalam kandungan, baru nampak saat anak berusia dua tahun.



Sebagai upaya untuk mengatasi hal tersebut, Tim Penggerak PKK Muba menggelar pelatihan kader pangan,  peningkatan peran PKK dalam keluarga dan pencegahan pertumbuhan balita (Stunting) 1000 hari pertama kehidupan, di Wisma Atlet Sekayu, Rabu, (29/8/2018).

Ketua TP PKK Muba, Hj Thia Yufada Dodi Reza diwakili Wakil Ketua TP PKK Muba, Susy Imelda Beni yang membuka secara langsung kegiatan itu mengatakan saat ini ada 8,8 juta anak di Indonesia yang mempunyai penyakit stunting oleh karena itu ibu-ibu TP PKK di desa dituntut untuk lebih banyak bergerak dalam mensosilisasikan untuk mengatasi gangguan pada balita ini.

"Ibu-ibu yang sedang hamil terkadang tidak menyadari gizi yang mereka konsumsi.Gizi tidak harus makanan mahal, bisa kita olah dari kebun dan halaman rumah kita," ujarnya.

Susy juga berharap pelatihan itu dapat bermanfaat dan diterapkan dikehidupan sehari-hari.

"Mari kita atasi stunting ini bersama PKK. Kita coba bangkitkan semangat didesa untuk hidup sehat dengan pola makan yang benar," imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan Yuli Syarif menuturkan peserta berjumlah 98 orang, yang terdiri dari PKK kecamatan, Pokja 3 kecamatan, dan Pokja 3 desa.

"Semoga pelatihan ini bermanfaat bagi kita semua, dan stunting ini dapat kita cegah," tutupnya.

Adapun narasumber dari pelatihan tersebut yakni dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Dr Lisa Marniati, MKm. /red/
 
Share To:

Post A Comment: