Warna Kuku Kaki Bisa Ungkap Kesehatan Anda (CHRIS-RMC/Shutterstock)Sekayu, Infosekayu.com- Kami memahami kekhawatiran Anda. Mandi malam biasanya dikaitkan dengan terjadinya rematik. Apakah Anda pernah mendengar mitos ini? Perlu kami beritahukan bahwa sesungguhnya mandi malam tidak berhubungan sama sekali dengan terjadinya rematik.
Rematik adalah penyakit peradangan pada sendi dan otot yang dapat diderita oleh semua usia. Risiko seseorang terkena rematik akan bertambah seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan semakin menipisnya lapisan pelindung sendi dan mengentalnya minyak pelumas di atas usia 45 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan rematik juga menyerang anak muda, bahkan bayi.
Sebagian besar orang mungkin percaya mitos yang mengatakan bahwa mandi pada malam hari dapat menyebabkan rematik. Faktanya, sejauh ini belum ada bukti yang menguatkan bahwa mandi malam akan menyebabkan penyakit rematik. Pada prinsipnya mandi malam atau mandi air dingin tidak menyebabkan rematik. Pada penderita rematik, mandi air dingin memang bisa membuat otot kaku atau spasme. Kondisi tersebut biasanya membuat sendi tertekan sehingga memicu rasa sakit.

Rematik justru dapat disebabkan oleh konsumsi berlebihan makanan seperti jerohan, seafood, dan minuman beralkohol yang dapat memicu purin atau bahan yang akan diubah menjadi asam urat.
Adapun sesungguhnya 'mandi malam' itu boleh-boleh saja, karena tidak berhubungan langsung dengan terjadinya suatu penyakit. Tapi ada baiknya bila memperhatikan beberapa hal berikut: 
1. Kondisi tubuh (Apakah sedang fit/sehat atau sedang sakit)
2. Suhu udara pada saat itu (Apakah malam itu sangat dingin atau tidak)
3. Keadaan/suhu air (Sebaiknya jangan air yang terlalu dingin/suhunya terlalu ekstrim)

Jika kondisi tubuh tidak sedang sehat, suhu udara pada saat itu memang dingin, atau air untuk mandi sangat dingin, maka sebaiknya tidak mandi malam hari dengan air yang dingin. Sebab bisa saja menyebabkan tubuh menjadi kedinginan dan hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, terkadang imunitas bisa turun dan mudah sakit (misalnya sakit pilek).
Suhu air yang dapat diterima tubuh maksimal berbeda lima derajat celcius dengan suhu tubuh. Suhu tubuh normal itu 36 derajat celcius, sehingga suhu air yang dapat diterima antara 29-30 derajat celcius.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang mandi di malam hari. Semoga bermanfaat. (im)
Share To:

Post A Comment: