ASI Lancar dengan Daun Katuk (Nguyen Quynh TraMy/Shutterstock)
Sekayu, Infosekayu.com- Banyak yang mengatakan bahwa daun katuk bermanfaat untuk memperlancar ASI. Ini bukan sekadar mitos. Menurut dr. Ameetha, daun katuk menyimpan banyak zat gizi penting. Daun katuk mengandung vitamin A, B, C, K dan pro vitamin A (beta-karoten), kalsium, fosfor, zat besi dan serat, juga berfungsi sebagai antioksidan.
“Daun katuk juga mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin, hormon pelancar ASI. Kadar prolaktin yang tinggi akan meningkatkan, mempercepat, dan memperlancar produksi ASI.”
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak daun katuk bisa meningkatkan kuantitas produksi ASI hingga 50,7 persen. Daun katuk juga dapat membantu kebutuhan mineral dan meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui. 
Anda bisa mengonsumsi daun katuk dengan berbagai cara, seperti memasaknya seperti sayur biasa atau dari suplemen ekstrak daun katuk.
Yuk, makan daun katuk untuk memperlancar ASI Anda! Selain itu, pastikan perlekatan mulut bayi sempurna, frekuensi menyusui sering, dan bayi cukup menyusu pada kedua payudara agar air susu Anda melimpah. Selamat menyusui si Kecil, ya! (IM)
Share To:

Post A Comment: