INFOSEKAYU.COM - 15 pasang finalis Kuyung dan Kupek Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tahun 2018 selama enam hari karantina digembleng dengan berbagai materi, dengan tujuan putra-putri terbaik pilihan di Kabupaten Muba dapat menjadi duta penyambung lidah Pemkab Muba untuk mempromosikan daerah.


Di penghujung masa karantina, para finalis kuyung kupek mendapatkan materi langsung dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muba, Hj Thia Yufada Dodi Reza tentang produk unggulan Gamboe Muba, yang merupakan produk kain khas Kabupaten Muba yang berasal dari pewarna alami yaitu Getah gambir.

"Gamboe Muba ini merupakan kain jumputan dengan pewarnaan alami tanpa bahan kimia yaitu berasal dari getah gambir. Di mana getah gambir itu sendiri punya keunikan, tanamannya harus dihasilkan dari salah satu desa di Bumi Serasan Sekate, yaitu Desa Toman Kecamatan Babat Toman," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Thia juga menjelaskan legenda asal Gamboe Muba dan proses cara pembuatannya. Latar belakang Dipesankannya, agar para finalis Kuyung dan Kupek Muba dapat jadi duta Gamboe Muba.

"Malam grandfinal nanti kami harapkan, agar peserta kuyung kupek Muba memakai Gamboe Muba ini harus dengan penuh bangga, karena begitu banyak tenaga yang terlibat untuk menciptakan produk unggulan ini, maka dari itu kami sangat berharap Kuyung Kupek Muba bisa menjadi duta dalam mempromosikan produk Gamboe Muba," harapnya. /red/

Share To:

Post A Comment: