INFOSEKAYU.COM - Pelaksanaan Pesta Demokrasi di Kabupaten Musi Banyuasin ditandai dengan pertama kali dilaksanakan Pemilihan Serentak Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Musi Banyuasin yang digagas oleh Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin pada janji politik Tahun 2017 terwujud pada Pilkades serentak, Sabtu (10/11/201), bertepatan pula dengan momen Hari pahlawan dengan harapan semangat memilih masyarakat tinggi.


Sebelum dimulai, antusiasme masyarakat untuk memilih dibuktikan dengan kerelaan masyarakat menunggu di bawah tenda yang disiapkan panitia.

Ratusan masyarakat sudah mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkades Suka Maju yang diikuti oleh 2 (dua) orang calon yaitu Diki Harnanto dan Imam Ayatullah, yang memperebutkan 1.172 orang yang terdaftar sebagai pemilih di Balai Desa Suka Maju.

Terbukti bertepatan dengan hari Sabtu dan hari libur, pantauan dari salah satu tim pemantau yang diketuai oleh Erdian Syahri, SSos, MSi selaku Kepala DPMPTSP Muba beranggotakan H Dede Junaidi (Sekcam Plakat Tinggi), H Masrowi (Kasi Kec. Plakat Tinggi), Sudarisman (Pj Kades), M Yustamir (BPMD Kab. Muba) bertugas memantau Pelaksanaan Pilkades di Desa Suka Maju yang dimulai pukul 07.00 WIB.

Masyarakat terlihat dengan sabar menunggu untuk mendapatkan giliran memilih. Sebelum digelar pemilihan acara resmi adalah pemaparan visi dan misi calon kepala desa Suka Maju dan dilanjutkan Pembacaan Sambutan Bupati Musi Banyuasin oleh Ketua Tim Pemantau Erdian Syahri yang mewakili Bupati.

Dalam sambutannya, Bupati Musi Banyuasin menyampaikan kepada masyarakat untuk dapat memilih calon kepala desa secara serentak, langsung, umum, bebas yang mana Pilkades tahun 2018 dilaksanakan serentak di 23 Desa di 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin.

Hal ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Bupati Musi Banyuasin Nomor 78 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Nomor 33 Tahun 2016 tentang  Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Bupati juga berharap agar masyarakat dapat meningkatkan partisipasi dalam memilih dengan menggunakan hak pilihnya agar Kades yang terpilih merupakan hasil pesta demokrasi yang terbaik dari yang terbaik dan merupakan pemilih mayoritas terbanyak dari masyarakat dengan harapan ketokohan dan kepemimpinan Kades yang terpilih di 23 desa ini dapat mendukung Visi Muba Maju Berjaya 2022.

Sementara Erdian Syahri yang juga kepala DPMPTSP Kabupaten Muba dan seluruh anggota tim pemantau mencatat bahwa Pilkades di Desa Suka Maju tingkat partisipasi pelaksanaan tinggi sekitar 87 % hampir 1.000 masyarakat yang memilih kades Suka Maju.

Selaku Ketua Tim Pemantau, Erdian Syahri juga berharap pelaksanaan Pilkades ini akan menjadi momentum untuk mendukung keberhasilan pembangunan di Desa Suka Maju dengan peningkatan efektifitas penggunaan Dana ADD dari Pemkab Muba dan Dana DD dari Pemerintah Pusat dapat mensejahterakan masyarakat desa Suka Maju, sejalan dengan Misi Bupati Musi Banyuasin untuk pemerataan pembangunan setiap desa dan kesejahteraan masyarakat desa terutama pendidikan, kesehatan, infrastruktur jalan, jembatan, jalan setapak, Fasilitas Sekolah, Kesehatan, Olahraga dan pemerataan air bersih dan listrik bagi masyarakat. /red/

Share To:

Post A Comment: