INFOSEKAYU.COM - Pemkab Musi Banyuasin di bawah komando Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin kembali diganjar penghargaan. Kali ini, penghargaan Dukcapil Hebat diberikan sebagai bentuk apresiasi upaya peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Muba.


Penghargaan diserahkan  Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri RI, Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh, SH, dan diterima oleh Kepala Dinas Dukcapil Muba Hj Asmarani mewakili Bupati Muba di Hotel Four Point Makasar, Kamis malam (7/2/2019).

Penyerahan piagam penghargaan diberikan pada acara pembukaan Rakernas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Wilayah I tahun 2019 di Makasar. Tak kurang sebanyak 1.812 undangan dari pejabat Dukcapil Kabupaten/Kota se-Indonesia tampak hadir.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementrian Dalam Negeri,  Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH, mengatakan, penghargaan diberikan kepada kepala daerah atas inovasi dan dukungan sebagai kepala daerah. Dua hal ini  yang jadi faktor kunci dalam mewujudkan target capaian kinerja dan kualitas pelayanan di bidang pendataan kependudukan.

“Sehubungan dengan itu, melalui Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil tahun 2019 dilakukan penilaian dan pemberian penghargaan kategori “Dukcapil Hebat” terhadap pengembangan inovasi dan besarnya pelayanan administrasi kependudukan kepada kepala daerah yang dinilai telah melakukan berbagai inovasi di daerah yang dipimpinnya,” jelasnya.

Selain itu, Pemkab Muba dianggap memenuhi kriteria penilaian, yakni memiliki  kepala daerah yang  inovatif serta secara nyata mengalokasikan anggaran melalui APBD dengan daya ungkit yang besar.

"Yang terpenting, kepala daerah secara langsung ikut terlibat dalam aktivitas pelayanan administrasi," ujar Zudan Arif sembari mengajak peserta terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Muba Asmarani, bahwa Muba layak menerima penghargaan."Dukungan para kepala OPD, masyarakat Muba dan stakeholder pun tak kalah besar sehingga Muba dapat penghargaan kategori Dukcapil Hebat," beber dia. /red/

Bentuk inovasi Dukcapil Muba yang dinilai antara lain :

1. SUPORTIDES : Support laporan kematian oleh perangkat desa melalui SMS/WA. 
2. KIA GO TO SCHOOL : Terbit/cetak KIA berdasarkan usul kolektif dari sekolah.
3. JEBOL AKTA KELAHIRAN : Jemput bola penerbitan Akta Kelahiran ke rumah sakit,klinik dan FKAG (Forum Kerjasama Antar Gereja).
4. PELINDES : Pelayanan perekaman KTP-el keliling ke desa-desa dan sekolah.
5. PREMANTKIT : Perekaman KTP-el ke rumah tahanan dan rumah sakit.
6. Fitur Cari Biodata (SIDAK).
7. Fitur Cari Penduduk (SIDAK Pemanfaatan Data).
8. Fitur Fasilitas Kedatangan (SIDAK).
9. Fitur Request Update (SIDAK).
10. Fitur JSON (SIDAK).
11. Fitur Data Agregat (SIDAK).
12. Pemutahiran DataBase.
13. Monitoring Operator (SIDAK).
14. Monitoring Instansi (SIDAK).
15. Monitoring Pelayanan (SIDAK).

Sedangkan kriteria dukungan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex terhadap Pelayanan Administrasi Kependudukan sebagai berikut :

1. Gedung Pelayanan yang representatif.
2. Dukungan APBD murni tahun 2018 dan 2019.
3. Tersedianya Mobil Pelayanan Keliling.
4. Pengadaan perangkat pelayanan adminduk tahun 2018 dan  2019.
5. Penghargaan yang pernah diterima berkaitan dengan pelayanan administrasi kependudukan.
6. Kebijakan Kepala Daerah secara khusus memberikan dukungan kepada Disdukcapil dan peningkatan pelayanan adminduk.
7. Penghargaan Internasional.

Untuk kategori ini se-Indonesia Tahun 2019 ini hanya Disduk Capil Kabupaten Musi Banyuasin yang menerima kategori Disduk Capil HEBAT. Penghargaan diberikan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan diserahkan oleh Dirjen Dukcapil Prof. DR. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH.

Adapun penghargaan kategori lain :
1. Dukcapil Selaras diberikan kepada Mendikbud RI.
2. Mitra Dukcapil diberikan kepada Dekan Fakultas Hukum UNS dan Country Director Indonesia and Timor-Leste The Word Bank.
3. Kategori khusus diberikan kepada Menlu RI, Menkumham RI, Kepala BPPT, Kepala BSSN, Gubernur Sulsel, Bupati Pesisir Selatan. Ungkap Hj Asmarani Saat Usai Menerima Reward Dukcapil Hebat


Share To:

redaksi

Post A Comment: