SEKAYU- Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) memiliki banyak oleh-oleh khas, mulai dari kerajinan tangan hingga makanan ringan seperti keripik, kerupuk dan olahan ikan kering.

Tidak ingin peluang ini dilewatkan saja, Bupati Muba Dodi Reza melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Muba membuka tempat jualan oleh-oleh khas Muba yang dinamai Warung Seluang yang berada di Simpang Tugu Adipura Kayuara. 

"Setelah diresmikan ini saya berpesan tempat ini harus selalu dibuka, supaya orang yang berkunjung ke Muba gampang cari oleh-oleh," ungkap Bupati Muba Dodi Reza di sela meresmikan Warung Seluang, Selasa (29/10/2019). 
Lanjutnya, oleh-oleh yang dijual di Warung Seluang ini harus berkualitas dan dijual dengan harga terjangkau. "Selain itu, siapkan pula tempat istirahat. Jadi, pembeli yang datang bisa sambil istirahat kalau mampir," tuturnya.

Dodi mengatakan, selama ini bangunan tersebut nganggur tidak dimanfaatkan, padahal lokasi sangat strategis. "Kan sayang sudah dibangun tapi tidak dimanfaatkan, dengan adanya Warung Seluang ini kan jadinya bisa bermanfaat," harapnya.

Ke depan, Ketua KADIN Sumsel ini menargetkan oleh-oleh khas Muba bisa dijual melalui online agar para pecinta oleh-oleh khas Muba yang berada jauh bisa tetap menikmati makanan dan barang khas Muba. "Ke depan oleh-oleh khas Muba harus bisa dipesan secara online, ini yang harus kita persiapkan," kata Dodi. 
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Muba, Zabidi SE MM menyampaikan acara dilakukan dalam rangka membangkitkan semangat pelaku usaha, mengambil peran terbaik dalam membangun ekonomi.

"Kami juga melaporkan sampai akhir bulan September 2019 tercatat ada 1.356 pelaku UMKM yang ada di Muba," bebermya. 

Dikatakan Zabidi, sejak satu tahun belakangan pelaku UMKM di Muba tumbuh subur berkat support yang maksimal yang diberikan oleh Bupati Muba Dodi Reza dan Ketua TP PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza. 

"Alhamdulillah pelaku UMKM di Muba terus bertambah, dengan adanya Warung Seluang ini kami berharap dapat menggerakkan pelaku UMKM lainnya untuk tetap semangat," pungkasnya.
Share To:

redaksi

Post A Comment: