INFOSEKAYU - Langkah tegas diambil Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dalam melakukan penertiban dan pemindahan pasar Talang Jawa Kelurahan Balai Agung ke Pasar Randik Kelurahan Kayuara, Selasa (29/10/19).


Dari pantauan di lapangan, pemindahan tersebut dilakukan tim gabungan dari Pemkab Muba, Satpol PP, TNI dan Polri yang dimulai sekitar pukul 07.00 WIB.

Pemindahan tersebut awalnya berlangsung selisih tegang dimana salah satu pedagang menolak lapaknya diangkut Satpol PP.

Namun, setelah dijelaskan akhirnya sejumlah lapak di Pasar Talang Jawe akhirnya diangkut Satpol PP kedalam truck.

Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin), Azizah, SSos, MT, mengatakan relokasi atau pemindahan terhadap sejumlah pedagang yang dilakukan setelah pihaknya mengedarkan surat imbauan untuk pindah ke Pasar Randik.

Imbauan tersebut telah dilakukan sebanyak 4 kali terhadap pedagang di Pasar Talang Jawe.

"Ya, kami telah melayangkan sebanyak 4 kali (imbauan-red) kepada para pedagang agar segera pindah ke  Pasar Randik.

Kondisi Pasar Randik jauh lebih baik dan tidak mengganggu aktifitas lalu lintas, selain itu kebersihan juga terjaga," kata Azizah, disela pemindahan Pasar Talang Jawe ke Pasar Randik.

Lanjutnya, pemindahan yang dilaukan pada hari ini berjalan cukup kondusif dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pedagang juga kooperatif dengan adanya pemindahan, pada hari ini pihaknya turun dengan terpadu dalam melakukan pemindahan.

"Pemindahan dan penertiban sendiri dilakukan atas dasar tidak ada izin pedagang yang ada di Pasar Talang Jawe.

Dari data yang ada Dinas Perizinan hanya terdapar 13 bangunan yang memiliki izin, sedangkan sisahnya pedagang lainnya tidak memiliki izin sehingga kita melakukan pemindahan agar Pasar Randik lebih hidup," ungkapnya.

Pedagang yang ada di Pasar Talang Jawe sudah didata dan sudah memiliki tempat masing-masing di pasar randik berdasarkan jenis dagangannya.

"Ketersediaan lapak di pasar randik sangat cukup menampung semua pedagang di pasar talang jawa ini.

Kami sudah melakukan pendataan, ada sekitar 448 pedagang dan semua nya bisa di tampung di pasar randik,” ungkapnya.

Disinggung seandainya sejumlah pedagang di Pasar Talang Jawe kembali menggelar dagangan,
"Kita akan mengambil tindakan lanjutan jika pedagang kembali menggelar dagangan. Kita yakin pedagang bisa 100 persen pindah ke Pasar Randik," jelasnya. /red/

Sumber : Sripoku


Share To:

redaksi

Post A Comment: