JAKARTA, INFOSEKAYU.COM - Tingginya antusias dan apresiasi terhadap produk lokal Kabupaten Musi Banyuasin yakni diantaranya produk Gambo Muba dan aspal karet membuat Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA berupaya memaksimalkan pemasaran, kualitas serta kuantitasnya. 

Berkaitan dengan hal tersebut
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dibawah kepemimpinan Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA dan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi SIP memiliki komitmen untuk mengembangkan Katalog Elektronik Lokal. 

"Dalam kurun waktu satu minggu ke depan Perangkat Daerah menyusun kajian teknis dari produk yang akan diusulkan kedalam Katalog elektronik daerah," ungkap Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA di sela Rapat Koordinasi Perangkat Daerah dalam rangka Persiapan Pembentukan Katalog Elektronik Lokal Kabupaten Musi Banyuasin Secara Virtual di Kantor Lembaga Kebijakan
Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) di Jakarta Selatan, Jumat (13/11/2020). 

Dijelaskan, produk unggulan di Kabupaten Musi Banyuasin yang bisa diusulkan kedalam Katalog Elektronik tersebut yakni Aspal Karet yang mana bisa menaikkan kesejahteraan petani karet di Sumatera Selatan khususnya petani karet di Musi Banyuasin.

"Kemudian, Batik Gambo yang mampu mengangkat ekonomi petani getah gambir. Gambo Muba adalah tekstil khas metode jumputan, diwarnai dengan dicelup getah gambir yang awalnya dianggap limbah dan dibuang percuma. Selain itu juga ada produk lokal lainnya," ulasnya. 

Lanjutnya, selama pelaksanaan penyusunan kajian ini Perangkat Daerah akan bekerja sama dengan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Musi Banyuasin dan berkonsultasi dengan LKPP RI.

"Dalam proses penyusunan Katalog Elektronik Lokal ini seyogyanya senantiasa berkonsultasi dengan LKPP. Dengan demikian apabila telah tersusun Katalog Elektronik Lokal ini, kedepannya untuk pelaksanaan pekerjaan yang berulang tidak perlu dilaksanakan dengan Tender cukup dengan E-purchasing," tegasnya. 

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Dr Ir  Roni Dwi Susanto MSi mengapresiasi Bupati Muba dalam upaya mengembangkan, memanfaatkan, serta memasarkan produk lokal Muba.

"LKPP akan siap mendampingi untuk memberikan masukan dalam upaya Pemkab Muba mengembangkan e-katalog lokal," ucapnya.

Menurutnya, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin punya komitmen serius dalam memanfaatkan produk lokal daerah sendiri yang tentunya memberikan kontribusi positit peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal. 

"Semoga nantinya proses pengembangan e-katalog lokal Muba dapat berjalan lancar," tandasnya. 

Pada kesempatan Rapat Koordinasi Perangkat Daerah dalam rangka Persiapan Pembentukan Katalog Elektronik Lokal Kabupaten Musi Banyuasin juga turut dihadiri Deputi Bidang Monitoring Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi Salusra Widya, Direktur Pengembangan Sistem Katalog -Yulianto Prihhandoyo, Analis Kebijakan Madya Harry Sri Kahartan, dan Analis Kebijakan Muda Hilman Fazri. 

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA turut didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan Drs Badruzzaman, Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP, 
dan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Muba Daud Amri SH, Kabag Umum Setda Muba Seprizal SE serta di hadiri secara virtual oleh Kepala Perangkat Daerah terkait.
Share To:

redaksi

Post A Comment: