BATURAJA, INFOSEKAYU.COM - Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) ingin memiliki Pusat Pembinaan olahraga pelajar (PPLPD) di daerahnya guna meningkatkan pembinaan prestasi dalam bidang olahraga. Hal tersebut diungkapkan Sekda OKU, Dr. Drs. Ir. H Achmad Tarmizi SE yang mewakili PJ Bupati OKU,  M Zaki Aslam dalam membuka Sosialisasi Pembukaan Pusat Pembinaan Olahraga Pelajar (PPLP) Daerah  Kabupaten OKU di Aula Abdi Peraja Pemkab OKU, Jumat (13/11/2020).
Achmad Tarmizi mengatakan terbentuknya PPLP Daerah OKU  akan melahirkan langkah strategis untuk mendorong optimisme pemerintah. “Terutama merealisasikan berbagai program pembangunan prestasi olahraga bangsa yang sudah direncanakan,” kata dia.

Sementara itu Kadispora Kabupaten OKU Hemni Rusdi SE menambahkan PPLPD Kabupaten Musi Banyuasin menjadi percontohan bagi OKU. “Baik prestasi yang telah dicetak atlet-atlet PPLP nya dikanca nasional, sarana dan prasarana olahraga yang ada di Sekayu,” terang dia.

PPLP Daerah Kabupaten OKU mengatakan dibentuknya pusat pelatihan Olahraga Pelajar di daerah sebagai persiapan daerahnya dalam menyambut Porprov yang akan berlangsung di OKU Raya 2021 mendatang.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Musi Banyuasin, Muhammad Fariz, SSTP. MM, yang diwakili Kabid Olahraga Ferry Affandi ST, M.Si saat menjadi narasumber mengatakan untuk membentuk PPLPD dibutuhkan komitmen pemimpin daerahnya.

“Mengurus olahraga ini harus orang yang berjiwa semangat  olahraga, kalau tidak seperti itu tidak akan mampu bangkit,” tegasnya.

Ia menambahkan sejak dibentuknya PPLP Daerah, Kabupaten Musi Banyuasin awalnya pada tahun 2005 kita berbentuk akademi baru tahun 2012 lalu hingga saat ini sudah 19 cabang olahraga yang dimiliki. Terakhir tiga tambahan cabor baru yang terbentuk adalah electronik sport Indonesia (ESI), angkat besi, serta balap motor.  
“Saran kami untuk daerah yang baru akan membentuk PPLP,  pilih cabor yang menjadi prestasi di kabupaten atau kota. Juga seleksi tahap awal, fisik, kesehatan dan administrasi,” tukas dia.
Share To:

Post A Comment: