Sekayu, infosekayu.com - Penggunaan dan peredaran narkoba semakin hari semakin marak, bahkan saat ini peredaran narkoba sudah menyasar ke anak-anak di sekolah. Berbagai upaya dilakukan untuk meminimalisir penggunaan narkoba, khususnya peran keluarga sangat dibutuhkan. 

"Rata-rata mereka yang terjebak pada penggunaan narkoba ini karena tidak paham dampak atau efek dari memakai narkoba, oleh sebab itu peran keluarga sangat penting untuk meminimalisir pemakaian narkoba di lingkup keluarga," ujar Ketua Asosiasi Rehabilitasi Sosial Narkoba Indonesia (AIRI), Dr Aisyah Dahlan di sela kegiatan Seminar Sehari Dengan Tema "Peran Harmoni Keluarga Dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba" di Auditorium Pemkab Muba, Senin (23/10). 

Menurutnya, orang tua sesekali diperlukan untuk memberikan pemahaman bahaya narkoba dengan anak-anak supaya tidak terjebak dan terjerumus pada penggunaan narkoba. "Kita harus sepakat kalau narkoba ini sangat merusak dan mengancam keselamatan hidup," urainya. Ia menambahkan, setiap keluarga perlu mengikutsertakan anak-anaknya untuk ikut serta pada kegiatan seminar-seminar tentang pemahaman bahaya narkoba. "Jadi, pemikiran bisa terbuka dan paham akibat dari bahaya narkoba," tukasnya. 

Sementara itu, Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza mengatakan Pemkab Muba bersama FKPD akan terus komitmen memerangi narkoba. "Ya, penggunaan narkoba ini harus terus ditekan terutama di desa-desa, dan untuk memeranginya sangat diperlukan peranan keluarga," terangnya. Lanjutnya, peran keluarga sangat vital untuk meminimalisasi penggunaan narkoba. "Keluarga benteng terdepan untuk meminimalisir narkoba, semoga seminar ini bisa memberikan pemahaman yang baik supaya masyarakat di Muba konsisten untuk menjauhi narkoba," pungkasnya. 

Pada kegiatan Seminar Sehari Dengan Tema "Peran Harmoni Keluarga Dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba" di Auditorium Pemkab Muba tersebut juga turut dihadiri Wakil Bupati Muba Beni Hernedi dan istri, Kapolres Muba beserta istri, dan 220 peserta dari sekolah dan staf OPD Pemkab Muba. (hum)
Share To:

redaksi

Post A Comment: