Infosekayu.com- Dari hasil polling sementara, pasangan calon Gubernur dan Wagub nomor 4, Dodi Reza dan Giri Ramanda Kiemas menjadi pasangan paling populer. Meski lebih unggul namun secara umum, persaingan empat calon masih cukup ketat.

Digelar sejak beberapa bulan lalu, jumlah pemilih sudah mencapai ratusan. Dari jumlah tersebut, pasangan Dodi-Giri mencapai 40,43 persen. Posisi kedua ditempati Aswari-Irwansyah yang mendulang 23,4 persen.

Di posisi ketiga ada pasangan Herman Deru-Mawardi yang mencapai 21,28 persen. Sementara posisi keempat adalah pasangan Ishak Mekki-Yudha yang mencapai 14,89 persen.

Meski unggul sementara cukup besar, belum ada kepastian Dodi-Giri akan merengkuh kemenangan di Pilgub Sumsel nanti. Demikian juga pasangan Ishak Mekki-Yudha, meski berada di juri kunci namun bukan berarti mereka akan kalah.

Direktur Eksekutif Syaiful Murjani Research and Consulting (SMRC), Djayadi Hanan mengungkapkan, dari hasil survei dan kajian yang mereka lakukan, hingga kini belum ada calon Gubernur Sumsel yang unggul lebih dari 5 persen. Artinya kekuatan dari empat calon masih merata.

"Makanya hingga kini belum ada satu pasangan pun yang berani bicara ke publik kalau mereka unggul dari hasil survei. Kalau pun unggul paling sekitar 2 persen. Kalau pun kalah yah tak lebih dari situ juga. Memang kita melihat dari empat calon itu, ada satu yang mulai tertinggal," terang Djayadi Hanan
.

Dosen Ilmu Politik Universitas Paramadina ini juga mengungkapkan, kekuatan logistik para calon menjadi hal yang menentukan kemenangan mereka. Sejauh ini kekuatan logistik masih terbilang sama kuat tinggal strategi pemanfaatan logistik mana yang paling tepat. (Edp)

Share To:

redaksi

Post A Comment: