PEKANBARU, INFOSEKAYU.COM  - Kaburnya seorang pengedar sabu-sabu dari ruang pemeriksaan saat diinterogasi penyidik Satuan Narkoba Polresta Pekanbaru, membuat Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Pria Budi, malu. Tak hanya malu, karena Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Pria Budi lahir dan besar di kota ini, alumni Akpol 1999 tersebut juga mempertaruhkan jabatannya. 

Kita juga merasa malu, nama baik saya dipertaruhkan di sini. Saya tahu akan berbuat apa, yakinlah," kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Pria Budi, meyakinkan, Selasa (2/11/2021).
Seorang tahanan tersangka pengedar sabu-sabu berinisial A kabur dengan cara melompat dari gedung Lantai 2 Mapolresta Pekanbaru, Jumat pekan lalu (29/10/2021), sekitar pukul 13.30 WIB. Tersangka A ketika itu sedang diperiksa oleh penyidik Satnarkoba Polresta Pekanbaru.

Kombes Pol Pria Budi menjelaskan ada Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait kelalaian mereka.
"Jika ada anggota bersalah, ia tidak diperiksa, tidak ada di Polresta seperti (itu). Saat ini anggota sudah diperiksa dan pihak Propam juga sudah memeriksa," jelasnya.

Setidaknya, 3 penyidik Satnarkoba Polresta Pekanbaru sudah menjalani pemeriksaan internal oleh Propam Polresta serta Polda Riau. Pemeriksaan dilakukan guna memastikan kenapa tersangka kasus narkoba bisa kabur tanpa diketahui penyidik.
Selain itu, saat kabur tersangka H ternyata tak diborgol dan dikawal oleh anggota Polisi.

"Pengamanan sesuai yang sudah kita terapkan, namun kondisi tangan pelaku saat pemeriksaan tidak sedang diborgol," jelas Pria Budi. Kombes Pria Budi juga menjelaskan saat ini tengah mempelajari perihal pengamanan pelaku di ruang pemeriksaan kenapa bisa kabur.
"Kita sedang pelajari, kita mohon doa restu saja," jelasnya. 

Selanjutnya, mantan Dirpamobvit Polda Riau mengatakan, saat ini timnya terus berupaya mengejar dan menangkap tersangka yang kabur dibantu Ditresnarkoba Polda Riau. "Saya minta tolong kepada rekan-rekan doakan kami segera menangkap pelaku, jika ada personel yang bersalah akan kami tindak," janjinya.

Terkait apakah adanya kelalaian dari petugas, Kombes Pria Budi akan transparan usai pelaku ditangkap nanti.
"Kita akan transparan semuanya mohon doa," tutup Kombes Pol Pria Budi.
Sebelumnya, tahanan yang kabur tersebut merupakan pengembangan dari penangkapan tersangka HS yang ditangkap dengan barang bukti 13 paket kecil sabu dengan berat 1,3 gram.
Kemudian dilanjutkan pengembangan hingga ditangkap H, pelaku yang kabur.

Sumber : SELASAR RIAU 

Share To:

redaksi

Post A Comment: