Infosekayu.com - Singapura diduga berniat curang menjelang lawan Timnas Indonesia, pihak AFF pun turun tangan untuk mencegahnya.

Federasi Sepak bola Singapura (FAS) berulah menjelang laga antara Timnas Indonesia vs Singapura yang akan digelar di National Stadium, Singapura pada Rabu (22/12).

Hal ini bermula dari pemberitahuan resmi FAS yang melarang pendukung skuad Garuda untuk membawa bendera Merah-Putih ke dalam stadion di semifinal Piala AFF 2020.

Pemberitahuan yang dipublikasikan melalui Facebook FAS tersebut menjelaskan bahwa larangan tersebut terkait dengan hukuman Badan Anti-doping Dunia (WADA) terhadap Lembaga Anti-doping Indonesia (LADI).

Pengingat untuk semua teman-teman Indonesia yang menuju Stadion Nasional hari ini: Mohon diinformasikan bahwa Badan Anti-Doping Dunia (WADA) telah melarang bendera nasional Indonesia di semua acara olahrag," tulis FAS.

"Karena ketidakpatuhan terhadap Kode Anti Doping Sedunia. Kami ingin meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," terangnya 18 Desember lalu.

Pengumuman tersebut sontak mendapat kritikan keras dari para pendukung Timnas Indonesia karena sebagaimana diketahui WADA tidak melarang adanya bendera di tribun penonton.

Bahkan pemberitahuan tersebut diduga menjadi cara FAS untuk menekan dominasi pendukung Timnas Indonesia dalam laga kontra Singapura mendatang.

Kemungkinan tersebut diperkuat, usai sebelumnya para fans Thailand diperbolehkan membawa bendera negaranya ketika tim berjuluk Gajah Putih tersebut melawan Timor Leste di Stadion Nasional, Singapura.

Namun, permasalahan ini segera ditangani oleh AFF yang merilis pernyataan resmi bahwa memperbolehkan pendukung Timnas Indonesia dan Thailand yang mendapat hukuman serupa untuk membawa bendera nasional.

Dalam pertanyaan yang dirilis pada Senin (20/12), AFF menjelaskan keputusan tersebut diambil setelah berkonsultasi dengan WADA dan Badan Anti-doping Asia Tenggara (SEARADO).

Sumber : GenPI.co 

Share To:

redaksi

Post A Comment: