Sekayu, Infosekayu.com - Sama halnya dengan jerawat,  ketombe jadi salah satu masalah yang mengganggu, baik dari segi kesehatan maupun penampilan. Parahnya lagi, selain dapat mengurangi rasa percaya diri, ketombe juga bisa membuat seseorang menjadi malu dan merasa risih saat berada di dekat orang lain. Kemunculan ketombe biasanya disebabkan oleh kondisi kulit kepala yang kurang bersih. Bisa jadi karena kulit kepala terlalu lembap, menggunakan produk perawatan rambut yang kurang tepat, atau bisa juga karena malas keramas. Selain menggunakan sampo anti ketombe, ada lho cara alternatif yang dapat Anda coba untuk menghilangkan ketombe yang bisa dicoba. Apa saja ya? Yuk, cari tahu!

1. Obat Kumur
Selain dipercaya untuk mengatasi bau dan masalah mulut lainnya, mouthwash atau obat kumur juga dapat dipergunakan untuk membasmi ketombe. Kandungan menthol, thymol, eucalyptol, dan methyl salicylate pada obat kumur bersifat sebagai anti-jamur, anti-septik, serta anti-peradangan yang baik dalam mengurangi ketombe. Cara pengaplikasiannya pun mudah, cukup basahi kulit kepala dengan cairan obat kumur dan diamkan selama dua sampai tiga menit. Setelahnya, bilas dengan air mengalir hingga tak ada lagi sisa obat kumur yang tertinggal. Namun, sebelum melakukan hal ini sebaiknya pastikan terlebih dahulu kalau Anda tidak memiliki kulit kepala yang sensitif atau sedang terluka. Jika tidak, kadar alkohol dalam obat kumur dapat menimbulkan rasa perih yang sangat menyengat pada luka, serta makin memperparah kondisinya.

2. Jeruk Nipis
Alternatif lain yang bisa Anda gunakan untuk membasmi ketombe adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Bahan alami yang satu ini diketahui memiliki kandungan vitamin C yang cukup efektif mengontrol minyak di kulit kepala. Seperti yang telah diketahui, produksi minyak di kulit kepala secara berlebih menjadi salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya ketombe. Oleh karena itu, rajinlah merawat kulit kepala dengan jeruk nipis agar terhindar dari masalah ketombe. Untuk mengaplikasikan cara ini, Anda hanya perlu mengoleskan perasan air jeruk nipis segar ke seluruh bagian kulit kepala. Diamkan selama 20 – 30 menit hingga cairan meresap, lalu bilas dengan air hingga bersih. Setelah dibilas, Anda bisa langsung mengeringkan rambut dengan handuk bersih atau keramas untuk memastikan tidak ada residu dari perasan jeruk nipis yang tertinggal.

Nah semoga alternatif ini bisa jadi refrensi buat temen temen yang ingin menghilangkan ketombe tanpa menggunakan shampo alias secara alami, semoga berguna yah. (im)
Share To:

Post A Comment: