Jakarta, Infosekayu.com  - Kehilangan menjadi salah satu kesedihan yang kerap menghampiri manusia. Baik kehilangan seseorang yang dicintai, maupun kehilangan barang berharga yang mereka miliki.

Namun perlu diingat, harta dan semua hal yang kita miliki sekarang ini adalah titipan dari Allah SWT. Sebab itu, semua hal yang kita punya saat ini wajib kita syukuri, jangan sampai kita kufur nikmat yang mengakibatkan sang Illahi menarik kembali titipannya tersebut.

Dalam Islam, terdapat doa yang dapat kamu baca ketika kamu kehilangan seseorang dan barang yang berharga dalam hidupmu. Berikut adalah doa yang dapat kamu baca ketika kehilangan seseorang dan kehilangan barang yang berharga yang kamu miliki. 

1. Doa ketika ditimpa musibah atau kehilangan seseorang yang dicintai

Setiap kehilangan merupakan pelajaran dalam hidup yang berharga. Melalui kehilangan seseorang yang dicintai, kamu dapat belajar mengenai keikhlasan.

Selain itu, kamu juga dapat belajar lebih bersyukur atas semua titipan dari Allah SWT. Sehingga ke depannya kamu akan lebih menjaga semua titipan yang Allah SWT berikan.

Dinukil dari buku Kumpulan Doa Sehari-hariyang diterbitkan Kementerian Agama, berikut adalah doa kehilangan seseorang yang dapat kamu baca.

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أْجُرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأَخْلِفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji’un, Allaahumma’jurniy fii mushiibati wa akhlif liy khoiron minha.

Artinya: Sesungguhnya kita milik Allah dan akan kembali kepadaNya, ya Allah berikan aku pahala dalam musibahku ini dan gantikan dengan yang lebih baik darinya.

2. Doa ketika kehilangan barang yang berharga

Kehilangan barang berharga juga sering kali membuat seseorang bersedih. Terlebih, barang tersebut memiliki kenangan dalam hidup seseorang.

Ketika barang tersebut hilang, kamu akan merasa kehilangan yang mendalam, layaknya kehilangan seseorang yang dicintai.

Dalam Islam, kamu dapat membaca doa kehilangan barang agar kamu mendapat petunjuk dari Allah SWT. Berikut adalah doa yang dapat kamu baca.

اَللَّهُمَّ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيْهِ اِجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ ضَالَّتِيْ فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Allahumma ya jamian nasi li yaumin la raiba fihi ijma baiia wa baina dlallati fi khairin waa fiyah.

Artinya: Ya Allah, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan barangku yang hilang dengan kebaikan dan kesehatan.

3. Kunci supaya doa dapat terwujud

Agar semakin memperkuat doamu, memintalah kepada Allah SWT apa yang kamu hajatkan atau inginkan dengan bahasa yang kamu bisa dan dengan kalimat yang baik. Tanamkan keyakinan dalam diri bahwa Allah SWT akan mendengar dan mengabulkan doamu.

Jangan lupa juga adab berdoa, mulailah dengan membaca bismillahirrahmanirrahimdan bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Serahkan segala urusan kepada Allah SWT dan memintalah untuk diberikan yang terbaik.  

Tetapi ingat, jangan cuma berdoa. Lakukanlah ikhtiar atau upaya semaksimal mungkin untuk memudahkanmu mencapai tujuan.

Kalimat "Hasbiyallāhu wa ni'mal wakīl” (cukuplah Allah SWT menjadi penolong bagiku) cukup terpuji bila seseorang mengerahkan upaya maksimal sebelum kenyataan tiba.

Adapun seseorang menjadi tercela menurut agama, kalau hanya mengandalkan kalimat tersebut tanpa didahului upaya maksimal atau berikhtiar.

Sumber : Idntimes


Share To:

redaksi

Post A Comment: