INFOSEKAYU.COM - Ada banyak tanaman yang kini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, lalu dijadikan sebagai obat. Meski begitu, ada sedikit tanaman hias yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. Dari tanaman hias tersebut, ada tanaman hias yang disebut Lidah Mertua. Lida Mertua ini mempunya 7 manfaat.

Mulai dari menyembuhkan sakit kepala hingga berfungsi sebagai penyerap polutan. Tanaman hias lidah mertua adalah salah satu tanaman hias yang banyak dicari para pecinta tanaman hias selain aglonema.

Bentuk daun yang cantik menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman hias untuk mengoleksi tanaman ini. Tanaman yang dikenal dengan nama latin sansevieria ini merupakan tumbuhan tropis dari Afrika Barat yang mudah sekali tumbuh.Ternyata, di balik tampilannya yangrupawan, lidah mertua memiliki banyak manfaat yang belum diketahui orang banyak.

Berikut manfaat tanaman hias lidah mertua yang harus diketahui:

1. Serap Polusi

Pada umumnya, tanaman hijau memang bisa dimanfaatkan untuk menyerap CO2 yang ada di dalam ruangan.

CO2 tersebut dibutuhkan oleh tanaman untuk berfotosintesis dan kemudian tanaman tersebut akan memproduksi oksigen.

Itulah alasan mengapa kamu selalu merasakan kesejukkan ketika berteduh di bawah pohon di siang hari yang terik.

2. Netralkan Aroma Tak Sedap

Selain memiliki kemampuan menyarap CO2, tanaman ini juga mampu menyerap bau tak sedap.

Biasanya pada sebuah ruangan, terlebih bau kulkas yang lembap terdapat bau tak sedap. Kamu bisa mengatasi masalah bau dengan cara menaruh potongan lidah mertua  di pintu kulkas dan sela-sela ruangan. Tidak hanya di rumah, lidah mertua juga kerap digunakan untuk mereduksi senyawa beracun berbahaya.Terutama di sebuah ruangan kerja khusus produksi agar racun tak terhirup oleh para pekerja.

3. Kurangi Radiasi 

Sering menggunakan barang-barang elektronik di rumah seperi TV, laptop, dan komputer?

Ada baiknya kamu menyimpan lidah mertua  di samping barang elektronik tersebut, lho. Pasalnya, lidah mertua  mampu mereduksi gelombang radiasi.

Gelombang yang dihasilkan oleh barang-barang elektronik tersebut sehingga mata pun akan terjaga kesehatannya.

4. Obati Sindrom Trauma 

Sick bulding syndrome atau sindrom trauma dengan gedung sering diderita oleh orang-orang yang sering berada di ruangan yang tidak sehat. Hal ini biasanya dipicu oleh ruangan yang memiliki kandungan zat karbondioksida, nikotin pada asap rokok, serta pemakaian AC yang berlebihan.

Nah, penggunaan 5 lembar daun lidah mertua  di ruangan tersebut bisa mengatasi sindrom trauma dengan gedung lho, 

5. Reduksi Polutan Tinggi 

Tidak semua jenis tumbuhan diberkati dengan kemampuan untuk menyerap polutan serta memiliki titik resisten yang tinggi. Lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki kemampuan tersebut. Bahkan, tanaman hias ini mampu menangani sampai 107 jenis polutan, lebih spesifik lagi terhadap asap rokok.

Jika di rumah ada perokok aktif, kamu disarankan untuk menanam tanaman yang satu ini.

6. Obat Sakit Kepala

Orang-orang zaman dahulu sangat bergantung pada tanaman untuk mengobati penyakit-penyakit yang menimpa mereka. Ketika sakit kepala, mereka biasanya menggunakan tanaman hias lidah mertua untuk mengatasinya. Untuk memanfaatkannya, cukup bakar saja daun dari tanaman ini.

7. Bikin Rambut Berkilau

Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan saja, tanaman lidah mertua  juga sangat baik untuk kecantikan, lho.Buktinya, tanaman ini bisa digunakan untuk merawat rambut. Dengan mengolah akarnya menjadi sari dan mengusapkannya pada rambut. Hal ini akan menyegarkan area kepala sehingga rambut akan tetap sehat dan berkilau.

Sumber : tribunmanado.co.id 

Share To:

redaksi

Post A Comment: