JAKARTA, INFOSEKAYU.COM  - GULA darah tinggi terjadi ketika tubuh Anda tidak membuat cukup atau menggunakan insulin secara efektif. Hormon yang mengatur glukosa darah dan membantunya memasuki sel untuk energi. Berikut ini beberapa cara mudah menurunkan kadar gula darah secara alami, seperti dilansir laman Genpi.co.
1. Kayu manis
Kayu manis sama seperti jahe, yang juga terkenal dengan anti-inflamasi ini, ternyata mampu mengontrol diabetes serta mengurangi kadar gula darah dalam tubuhmu. Ada sebuah hasil penelitian yang membuktikan kayu manis membantu mengurangi stres oksidatif.

Ini memiliki peran penting dalam menurunkan kadar gula darah terkhusus pada diabetes tipe dua. Rebuslah beberapa batang kayu manis pada air mendidih. Kamu juga bisa menggunakan bubuk kayu manis sebanyak setengah sendok pada secangkir air hangat, lalu minumlah setiap hari.

2. Daun Mangga 
Kali ini kamu akan dengan mudah menemukannya karena tertanam dengan jumlah banyak di Indonesia. Daunnya dipercaya sangat ampuh menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, maka rebuslah beberapa lembar daun mangga selama 15 menit. Kemudian, saringlah minuman tersebut dan minum rebusan daun mangga saat dalam kondisi perut yang kosong. 

3. Ginseng merah Akar ginseng merah telah digunakan dalam pengobatan tradisional China selama berabad-abad. Ini adalah salah satu herbal paling ampuh untuk mengontrol gula darah.

Ginseng merah telah terbukti memberikan kontrol glikemik, meningkatkan fungsi sel pankreas, dan meningkatkan pengambilan gula darah dari jaringan

Ini juga menurunkan level HbA1C. Rebus akar gingseng merah secukupnya, dan minum secara rutin selagi hangat. 

4. Jahe 
Jahe sudah lama terkenal dengan fungsi anti-inflamasi yang mampu meringankan peradangan pada tubuh. Ternyata jahe juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Bukan hanya menurunkan kadar gula saja, jahe juga membantu mengatur insulin. Ambil satu inci jahe dan rebus dengan takaran secangkir air dalam panci. Kamu bisa merebusnya selama 5 menit kemudian saring. Minumlah air rebusan ini sebanyak 2 kali dalam satu hari.

5. Air Oat
Minuman sehat yang akan membantumu menurunkan kadar gula dalam darah selanjutnya adalah air oat.

Minuman ini tidak hanya membantu mengendalikan kadar gula darah, tetapi juga mampu membuat rasa kenyang, agar metabolisme terjaga dan membantu kamu menurunkan berat badan.

Rendam gandum dalam dua liter air selama 12 jam.

Setelah mencapai waktu yang ditentukan, saring oatmeal yang direndam dan letakkan di blender bersama dengan kayu manis.

Tambahkan air sedikit demi sedikit untuk membantu mencairkan, sampai kamu mendapatkan cairan bertekstur halus dan bagus.

Selanjutnya, tambahkan air yang tersisa untuk dikocok. Lalu minumlah satuu gelas sehari, atau satu gelas sebelum makan.

Sumber : jpnn.com




Share To:

redaksi

Post A Comment: