Top News

Muba, Infosekayu.com - Tidak sampai 24 jam Nanang. (32) warga senawar jaya Bayung lencir berhasil dicokok oleh tim Bagundal hansapp unit Reskrim Polsek Babat Supat ditempat persembunyiannya dirumah orang tuanya di Lampung  pada Jumat (03/02/2023).

Nanang ditangkap karena diduga telah mengambil uang dan barang milik korban YT (39) yang tidak lain adalah pacarnya sendiri pada Jumat (03/02/2023) sekira  pukul ,08.00 wib  saat korban selesai mandi, yang kemudian  mengetahui barang dan uangnya raib termasuk Nanang yang sempat bersama korban menginap dua hari dirumah kontrakan di  Supat Musi Banyuasin.

Kapolres Muba Akbp Siswandi Sik SH MH melalui Kapolsek babat Supat Iptu Widya Bhakti Dhira STrk membenarkan adanya penangkapan terhadap terduga pelaku pencurian, begitu korban melapor saya perintahkan Kanit Reskrim Aiptu Welthan P. Simamarta  SH untuk segera menindak lanjutinya, Alhasil pelaku dapat ditangkap  ditempat persembunyiannya dirumah orang tuanya di Lampung berikut barang buktinya. terangnya.

Untuk saat ini pelaku kami lakukan penahanan di Polsek Babat Supat guna  dilakukan  proses penyidikan,  dan pasal yang diterapkan adalah pasal 362 KUHPidana tentang pencurian yang ancaman hukumannya lima tahun penjara, tambah Widya.

Ditempat terpisah Kanit Reskrim Aiptu Whelthan P. Simamarta SH menjelaskan bahwa karena pelakunya sudah jelas dan tinggal mencari dimana keberadaannya maka tidak perlu waktu lama pelaku bisa kita tangkap.

Kalau kerugian korban akibat kejadian tersebut mencapai 33 jutaan karena selain uang mobil korban yaitu Avanza nopol BG 1990 PYK juga dibawa oleh pelaku, terang Welthan. (SM).

MUBA, INFOSEKAYU.COM- Bagi masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan yang belum mengenal maupun mengetahui pejabat utama di lingkungan Polres Musi Banyuasin dan para Kapolseknya.

Berikut ini nama dan jabatannya yang ada di lingkungan Polres Musi Banyuasin beserta para Kapolseknya yang membawahi 15 kecamatan di Bumi Serasan Sekate. 

Untuk pejabat utama Polres Musi Banyuasin, sebagai berikut: 

1.Kapolres : AKBP Siswandi Sik SH MH

2. Wakapolres : Kompol Satria Dwi Dharma Sik

3. Kabag Ops : Kompol M. Ali Asri SH

4. Kabag SDM : Kompol Ali Rojikin SH MH

5. Kabagren : Kompol Arkamil SH

6. Kabag Log : Kompol Zulkifli SH MH

7. Kasat Intelkam :. AKP Andi Haryadi SPd

8. Kasat Reskrim : AKP Dwi Rio Andrian Sik

9. Kasat Lantas : AKP Riky Mozam SH MH

10. Kasat Bimmas AKP Nofrizal Dwiyanto SH

11. Kasat Samapta AKP Ade Nurdin SH

12. Kasat Res Narkoba : AKP Agung Wijaya Kusuma Sik

13. Kasatpolairud : AKP Beni Wijaya SH

14. Kasat Tahti : Iptu Sunardi 

15. Kasi was : Akp. Prawira Kusuma

16. Kasikum. : Itta Izakah SH MH

17. Kasi Humas : AKP. Susianto M. SH

18. Kasi Propam : Iptu Mochaemin S.Psi

19. Kasium : Ipda Dadang Pramudiarsa 

Sementara itu, untuk nama-nama Kapolsek diantaranya: 

1.Kapolsek Sekayu : AKP Suvenfri SH

2. Kapolsek Lais : AKP Hendra Sutisna SH

3. Kapolsek Babat Toman : Iptu Vico Fariul Fajar STrk

4. Kapolsek Kluang : Iptu Kurniawan Azwar Sik

5. Kapolsek Batang hari Leko : Iptu Moga Gumilang Sik

6. Kapolsek Sanga desa : Iptu Imam Dipsa Maulana STrk

7. Kapolsek Sungai lilin : AKP Andi Firdaus SH

8. Kapolsek Tungkal Jaya : Iptu Nirwan Haryadi SH

9. Kapolsek Bayung lencir : AKP Deby Apriyanto SH

10. Kapolsek Babat Supat : Iptu Widya Bhakti Dira STrk

11. Kapolsek Sungai Keruh: Iptu Ismail Hasan Nasution STrk

12. Kapolsek Plakat Tinggi : Ipda Joni Jamaris SH

13. Kapolsek Lalan: Iptu Hasurungan Hutajulu SH

Sebagai insan Bhayangkara, Pejabat utama maupun Kapolsek siap berkorban demi masyarakat dengan meniadakan segala bentuk gangguan keamanan, menjunjung tinggi kebenaran, keadilan dan kemanusiaan dalam menegakkan hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. (Palpres.com)

BANYUASIN, INFOSEKAYU.COM – Jalan tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapal Betung) sudah lama dinantikan.  Kemacetan di jalur Km-12 Palembang s/d Banyasin kerap macet parah.  Kondisi ini tentu menghambat laju transportasi barang dan pangan, dan tentu memacu ekonomi biaya tinggi.

“Ya, on progres”, cetus Gubernur Sumsel, H Herman Deru singkat.

Herman Deru memastikan pembangunan ruas jalan bebas hambatan akan selesai sesuai target, tahun ini. Itu dari hasil peninjauan ke lapangan, yang dilakukan Gubenur langsung belum lama ini.

Deru meminta PT Waskita Toll Road mempercepat pembangunan ruas tol tersebut, supaya dapat segera dioperasikan. 

“Pengoperasian tol ini sangat ditunggu masyarakat. Apalagi setiap saat sepanjang 22 km ruas jalan mulai dari Palembang ke Banyuasin kerap terjadi kemacetan,” ungkapnya.

Dikatakan,  tol Kapal Betung, khususnya ruas Kayuagung-Palembang-Banyuasin dapat dioperasikan Juni 2023 mendatang. 

“Targetnya Juni sudah bisa soft launching. Tapi mungkin juga bisa sampai Agustus nanti,” jelasnya. Itu karena faktor cuaca yang terjadi belakangan ini.

“Cukup membuat pekerkaan proyek tertunda,” ungkapnya.

Diketahui, peninjauan ruas Tol Kapal Betung dilakukan Gubernur Sumsel, Herman Deru mulai dari Palembang sampai ke titik 95 pembangun ruas tol Kapal Betung.

Sulitnya medan yang masih berupa tanah merah, ditambah hujan deras, tak menghalangi peninjauan oleh Gubernur Sumsel saat itu. 
Herman Deru juga meninjau progres pembangunan Jembatan Musi 5 yang merupakan bagian dari tol tersebut. 

Dia didampingi penanggung jawab proyek Tol Kapal Betung dari PT Waskita Toll Road dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel. Sementara, progres pembangunan fisik jalan tol di Jambi segera dimulai. 

Tahun ini untuk ruas Jambi-Batas Betung (Tempino) akan melakukan kontrak pekerjaan. Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan kontrak pembangunan jalan tol Betung-Jambi I akan dimulai pada Februari mendatang. 

“Februari ini mulai kontrak,” ujar Al Haris.

Konstruksinya oleh Hutama Karya.  

Terkait persoalan pembebasan lahan yang sempat menjadi kendala di ruas yang berbatasan dengan Sumatera Selatan itu, Al Haris menyebut sudah rampung. (Sumeks.co)

PALEMBANG, INFOSEKAYU.COM  - Pesan berantai di media sosial tentang kasus pencurian anak belakangan ini marak. 

Salah satu kasus yang banyak menyita perhatian publik adalah penculikan bocah 6 tahun berinisial MA, yang diculik selama 26 hari.

Pesan berantai yang beredar luas di media sosial WhatsApp kian membuat nyali orangtua ciut untuk melepas anak kesayangannya, bahkan untuk sekadar keluar rumah. Jangan mudah termakan isu penculikan anak. 

Berikut ini ada beberapa tips dan panduan, yang bisa dijadikan rujukan bagi para orangtua untuk menghindari terjadinya penculikan anak. 

1. Menjelaskan pentingnya sikap waspada anak terhadap orang yang belum dikenal

Berikan pemahaman kepada anak-anak anda tentang pentingnya waspada terhadap orang lain, terutama orang yang tidak dikenal. Ada kemungkinan orang-orang ini punya niat buruk. 

Berikan pengertian kepada anak bahwa ia harus menolak apabila ada orang asing yang mengajaknya pergi. Anak tidak boleh menerima hadiah apapun dari orang lain.  

Selain itu, ia juga tidak boleh bepergian keluar rumah sendiri tanpa ditemani orang dewasa, yang bisa bertanggung jawab akan keselamatannya. 

Berikan pengertian dengan bahasa yang mudah dipahami kepada anak, sehingga anak akan dengan mudah mencerna dan menerapkan nasihat orang tuanya.

2. Membekali anak dengan teknik dasar keterampilan bela diri

Salah satu cara paling ampuh terhindari dari penculikan anak adalah dengan membekali buah hati Anda keterampilan bela diri. 

Kalau si anak sudah memiliki kemampuan bela diri, ia akan bisa dengan segera melepaskan diri dari sekapan penculik. 

Sering-seringlah memberikan simulasi penculikan agar anak dapat mengetahui tindakan apa yang harus dilakukannya apabila ada orang berusaha dengan paksaan untuk menculiknya. Misalkan dengan menggigit tangan orang yang membekap. Kemudian menendang atau berteriak sekencang-kencangnya.

3. Jangan pernah menyuruh sembarang orang menjemput anak di sekolah

Sangat penting dipahami orang tua bahwa jangan pernah menyuruh sembarangan orang untuk menjemput anak di sekolah. 

Misalkan memanfaatkan jasa taksi online atau ojek online untuk menjemput buah hatimu di sekolah.

Sesibuk apapun Anda, usahakanlah menjemput sendiri anakmu di sekolah. 

Penting juga bagi orangtua untuk bekerja sama dengan pihak sekolah untuk bersama-sama mencegah terjadinya penculikan. 

Misal dengan menciptakan sistem keamanan di mana pihak sekolah hanya memperbolehkan anak meninggalkan sekolah apabila sudah dijemput oleh orang yang identitasnya sesuai dengan yang diberikan oleh orangtua.

4. Memberikan pengertian kepada anak untuk tidak menyebarkan informasi penting, terutama mengenai keluarga dan kebiasaan-kebiasaannya

Berikan pengertian kepada anak untuk tidak sesekalipun memberikan informasi penting, terutama terkait keluarga dan kebiasaan-kebiasaan keluarga. 

Dikhawatirkan hal itu akan disalahgunakan oleh orang asing untuk melakukan tindak kejahatan. 

Selain itu, orang tua juga perlu menceritakan pada anak untuk mencurigai orang-orang yang memiliki potensi balas dendam atau orang yang pernah berkonflik dengan orangtuanya, agar anak bisa berhati-hati dan menjauhi orang tersebut bila bertemu dengannya.

 

5. Memberikan pengawasan nonstop terhadap anak

Sesibuk apapun Anda, usahakan untuk tetap selalu melakukan pengawasan dan komunikasi dengan anak. 

Orangtua harus menyempatkan waktu mendengar cerita anak mengenai kejadian-kejadian yang dialaminya sepanjang hari itu, untuk mengantisipasi kemungkinan orang berniat jahat padanya. Itulah panduan atau tips sederhana yang harus diterapkan orangtua untuk menghindari penculikan terhadap anak. 

Selain cara-cara tersebut di atas, berdoalah selalu kepada Allah SWT agar selalu diberikan perlindungan dan keselamatan. (Palpres.com)

PALEMBANG, PALPRES.COM - Pesan berantai di media sosial tentang kasus pencurian anak belakangan ini marak. 

Salah satu kasus yang banyak menyita perhatian publik adalah penculikan bocah 6 tahun berinisial MA, yang diculik selama 26 hari.

Pesan berantai yang beredar luas di media sosial WhatsApp kian membuat nyali orangtua ciut untuk melepas anak kesayangannya, bahkan untuk sekadar keluar rumah. 

Jangan mudah termakan isu penculikan anak. 

BACA JUGA:Viral Video Anak Diculik dan Dimasukkan Karung di Wisma Asri Bekasi, Polisi Pastikan Hoaks

Berikut ini ada beberapa tips dan panduan, yang bisa dijadikan rujukan bagi para orangtua untuk menghindari terjadinya penculikan anak.

 

1. Menjelaskan pentingnya sikap waspada anak terhadap orang yang belum dikenal

Berikan pemahaman kepada anak-anak anda tentang pentingnya waspada terhadap orang lain, terutama orang yang tidak dikenal. 

Ada kemungkinan orang-orang ini punya niat buruk.

Berikan pengertian kepada anak bahwa ia harus menolak apabila ada orang asing yang mengajaknya pergi. 

Anak tidak boleh menerima hadiah apapun dari orang lain.  

Selain itu, ia juga tidak boleh bepergian keluar rumah sendiri tanpa ditemani orang dewasa, yang bisa bertanggung jawab akan keselamatannya. 

Infosekayu.com - Marselino Ferdinan jalani bagian baru dalam perjalanan kariernya sebagai pemain profesional. Pemain andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia ini sekarang tengah menjalani trial di klub besar Belgia KAA Gent.

Melansir dari laporan Gazet van Antwerpen, Marselino akan menjalani trial bersama Jong KAA Gent. Tim ini sendiri merupakan bagian dari tim U-23 Gent dan berkompetisi di divisi tiga Belgia.

Publik Indonesia tentu saja memberikan doa yang terbaik kepada Marselino Ferdinan untuk menjalani trial ini. Mampu tunjukkan skill apik bukan tidak mungkin Marselino akan bergabung ke KAA Gent.

Menariknya, di tim utama KAA Gent sendiri ada satu pemain Asia lainnya, yakni Hyun-seok Hong. Pemain asal Korsel ini menjadi andalan KAA Gent pada musim 2022-23.

Siapa Hyun-seok Hong? Apakah ia ada pernah dilatih juga oleh Shin Tae-yong?

Mengutip dari data Transfermarkt, Hyung menjadi salah satu pemain menonjol di KAA Gent musim ini. Bersama Sven Kums, Hyun puncaki daftar pencetak assist KAA Gent terbanyak.

Pemain yang direkrut KAA Gent dari LASK pada 8 Agustus 2022 telah mencetak 4 assist. Menariknya, Hyun memiliki posisi yang sama dengan Marselino Ferdinan, gelandang serang.

Hyun-seok Hong lahir di Seoul pada 16 Juni 1999. Ia digadang-gadang menjadi bagian dari generasi emas Korsel di masa mendatang.

Dikutip dari berbagai sumber, Hyung belum pernah dilatih oleh Shin Tae-yong. Karier Hyun pertama kali dimulai saat ia bermain di Sinjeong ES pada 2012.

Menariknya tiga tahun kemudian ia pindah ke Jerman dan bergabung ke Unterhaching, tim kasta keempat Liga Jerman.

Dilansir dari Sports.khan.co.kr, salah satu kelebihan dari Hyun ialah kecepatannya. Sama seperti bintang Tottenham, Son Heung-min yang memiliki julukan Sony karena kecepatannya, Hyun mendapat sebutan Hongi karena kelebihannya tersebut.

Menurut data terakhir, Hyun bersama KAA Gent bisa berlari sejauh 11-12 km per pertandingan di Liga Belgia.

"Ketika saya mendenagr bahwa saya berlari sejauh 13 km, pelatih dan pemain (KAA Gent) terkejut," ucapnya.

Kecepatan dan visi bermain Hyun bahkan membuat ia dianggap sebagai penerus tongkat estafet dari Song Heung-min dan Park Ji Sung.

"Saya tampaknya mendapatkan kepercayaan diri ketika dianggap sebagai mesin baru. Saya melihat senior Park Ji Sung bermain dan semua yang ia kerahkan. Saya mau seperti dia," ungkapnya.

Menarik untuk melihat apakah mungkin Marselino Ferdinan bisa menggeser posisi Hyun yang sekarang masih jadi andalan KAA Gent. (Gol.bolatimes.com )



SEKAYU, INFOSEKAYU.COM  - Seorang pelaku jambret bermotor di Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin kena batunya.

Niatnya merampas ponsel mahal pupus, lantaran berhasil ditangkap oleh warga.P Pelakudiketahui bernama Wendi Pratama Putra, 25 tahun, warga Pangkalan Balai Banyuasin.

Wendi sempat menjadi bulan-bulanan warga di Kampung Bagan Desa Lumpatan Kecamatan Lumpatan Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis, 27 Januari 2023, jam 09.30 WIB.

Beruntung nyawanya dapat terselamatkan setelah aparat Polsek Sekayu segera datang ke lokasi kejadian dan mengamankan Wendi.

Sebelumnya pelaku menjambret handphone  milik Siti Reza (24) warga Kecamatan Sekayu Kabupaten Muba, saat hendak pergi kerja. 

Kapolsek Sekayu AKP Suvenfri SH membenarkan adanya kejadian tersebut, dan kata dia pelaku sudah diamankan di Mapolsek Sekayu.

"Dari pengakuannya, pelaku ini menggunakan sepeda motor Honda Vario warna hitam dari Sungai Keruh tujuan ke Desa Sidang Mas Pangkalan Balai Banyuasin hendak pulang ke rumah istrinya. Nah, saat di Desa Lumpatan korban yang juga menggunakan motor Lexus sempat menyalip motor pelaku," kata Suvenfri.

"Melihat Hp korban, timbul niat pelaku untuk merampasnya. Lalu, pelaku memepet motor korban dari sebelah kiri. Dengan cepat tangan pelaku menyambar ponsel yang berada di bawah stang motor korban," tambah Kapolsek.

Merasa ponsel dirampas orang, korban spontan berteriak minta tolong. 

"Korban sempat menerjang pelaku. Akhirnya keduanya terjatuh dari motor. Melihat kejadian itu warga langsung mengamankan pelaku dan nyaris akan dimassa. Untung saja ada anggota polisi yang melintas langsung mengamankan tersangka dan membawa  ke Mapolsek Sekayu," paparnya.

Sementara, Kanitreskrim Polsek Sekayu Iptu Rusdi SH menjelaskan untuk korban sekarang ini dirawat di Puskesmas Lumpatan karena mengalami banyak luka.

"Pelaku terancam pasal 365 ancaman maksimal 12 tahun penjara," kata Rusdi.

Dari pengakuan tersangka bahwa ia mempunyai niat jelek saat melihat  korban  di depan Wisma Pramuka Sekayu.

"Aku buntuti dio. Karena liat hape di boks bawah stang motor. Aku jambret itu mau beli sepeda untuk anakku," katanya. (Palopo.id) 

Muba, Infosekayu.com - Semua warga negara memiliki hak yang sama  utamanya dalam hal pelayanan dibidang penegakan hukum oleh polri, baik itu secara individu atau kelompok masyarakat juga para pelaku usaha untuk terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif yang dengan demikian diharapkan roda perekonomian dapat berjalan dan berkembang dengan baik yang semuanya mengarah pada kesejahteraan masyarakat.

Sebagimana halnya yang  baru-baru ini Minggu (22/01/2023) Polsek sangadesa telah melakukan penegakan hukum terhadap pelaku pencurian buah sawit milik PT. IBP (Inti Bestari Pertiwi) di sanga desa yang tertangkap tangan sedang mengangkut buah sawit hasil curian dengan menggunakan jaring dan perahu.

Peri (40) dan Nopri (22) dua orang yang sudah ditangkap, sekarng ditahan untuk menjalani proses penyidikan di Polsek sanga desa.

Kapolres Muba Akbp Siswandi Sik SH MH melalui Kapolsek Sanga desa Iptu Imam Dipsa Maulana STrk. Msi. membenarkan adanya penangkapan terhadap dua pelaku yang diduga mencuri buah sawit milik PT. IBP di sangadesa, saat ditangkap pelaku sedang memperbaiki jaring yang sudah berisi buah sawit dan siap ditarik dengan menggunakan perahu disungai, pelaku sendiri mengakui bahwa buah tersebut diambilnya dikebun sawit milik PT. IBP didesa Kemang Sanga desa, tersangka sekarang sudah kita tahan untuk proses penyidikan lebih lanjut. tuturnya.

Ditempat terpisah Kanit Reskrim Iptu Nasirin SH. MH menjelaskan bahwa barang bukti yang berhasil kita amankan adalah 3 waring, 1 perahu dan buah sawit sebanyak 56 tandan, untuk kedua tersangka kita proses dalam perkara pencurian  dan dikenakan pasal 363 ayat(1) ke-4 KUHP yang ancaman hukumannya lima tahun penjara. terang Nasirin (SM).
.