Palembang, infosekayu.com- Dalam kunjungan kerja ke Sumatera Selatan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau salah satu proyek yang akan dibangun oleh Pemkot Palembang yaitu bus air. Bus air ini nantinya menjadi moda transportasi yang bisa diakses oleh masyarakat dari Benteng Kuto Besak menuju Pulau Kemarou.

Uniknya, bus air ini juga akan mengangkut masyarakat yang akan menyeberangi Sungai Musi, baik yang menuju atau dari Stadion Jaka Baring, yang menjadi pusat Asian Games 2018 ataupun masyarakat yang ingin menuju Stasiun Kertapati yang berada di ujung dermaga Sungai Musi.

"Untuk sekarang dan di masa depan kita kenal transportasi antarmoda jadi menghubungkan satu moda dengan moda yang lain, nah kalau kita dari bandara terus kita sampai ke proyek Musi di Jembatan Ampera di situ nanti ada stasiun, dari stasiun itu kita bisa turun ke bawah terus ikut kapal ini sampai disini (Stasiun Kertapati) dari sini bisa menuju kota-kota yang akan dituju apakah Lubuk Linggau dan sebagainya," kata Menhub Budi Karya setelah menyeberangi Sungai Musi di Stasiun Kereta Api Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (15/10/2016).

Menhub mengatakan masih banyak kendala dalam proyek bus air ini sehingga akan memakan waktu lebih lama dalam pengerjaannya.

"Untuk kota-kota yang jauh itu dibutuhkan waktu tertentu, jadi for the long term katakanlah 5 tahun mendatang kita rencanakan itu," kata Menhub Budi Karya.

Tidak hanya itu, Menhub berkoordinasi dengan Dirjen Kereta Api Prasetyo untuk membuat rute kereta api khusus menuju Kampus Universitas Sriwijaya (Unsri) sejauh 25 km.
"Kita akan buat kereta api menuju Indralaya, Kampus Unsri itu jauhnya 25 km jadi kapal ini bisa jadi feeder dari yang naik kereta api," kata Menhub. (red/sumsel)
Share To:

redaksi

Post A Comment: