INFOSEKAYU.COM - Plt Bupati Muba Beni Hernedi meminta Anggota BPD Muba diminta lebih peka terhadap isu-isu maupun kondisi lingkungan dan warga di desa masing-masing dan bekerjasama dengan kepala desa bukan hanya sebagai pelengkap agar segala permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat dapat diketahui dan kemudian dicarikan solusinya.

 
Hal itu ia sampaikan usai melantik kepengurusan Asosiasi Badan Pemusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) DPC Musi Banyuasin di Auditorium Pemkab Muba, Selasa (15/5/2018).

"Sebagai keterwakilan masyarakat di suatu wilayah dan mitranya kepala desa, BPD harus lebih tahu dahulu mengetahui dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi di tengah masyarakatnya dan apabila tidak dapat diselesaikan segera laporkan ke camat agar bisa dilakukan tindakan cepat", himbaunya.



Beni juga mengatakan BPD bersama dengan kepala desa berfungsi menetapkan peraturan desa serta berupaya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Dengan demikian maka pemerintah desa dituntut untuk mampu menumbuhkembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan.

"Kehadiran organisasi Abpednas ini menjadikan BPD dimuba lebih kuat (difungsikan), Kedepan Abpednas saya mengusulkan segera ajukan proposol agar bisa di berikan secara detail pemahaman tata kelola pemerintahan", ucapnya. 


Di akhir kesempatan itu, Beni juga menyerahkan SK dan honorium sarjana bina desa.

Sementara itu ketua DPD Abpednas Sumsel Junaidi  menjelaskan DPC Abpednas Muba terbentuk berkat dukungan dan kerja keras Plt Bupati Muba untuk menguatkan peran aktif BPD Muba dalam pemerintahan desa.

"Dengan terbentuknya Abpednas Muba ini, BPD di muba jangan merasa jumawa dan tetap mengepankan asas musyawarah membangun desa," ucapnya.


Junaidi juga Berpesan agar BPD jangan membenarkan yang sudah biasa tetapi biasakanlah yang benar dan jangan gara-gara membela kebenaran namun membuat kehancuran.

"Jangan kita mencari-cari kesalahan kepala desa tetapi harus mengedepankan musyawarah, mari bersama-sama bersinergi dengan kepala desa untuk membangun desa," tutupnya. /red/

 
Share To:

redaksi

Post A Comment: