Infosekayu.com - Sinar matahari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak heran jika di negara-negara dengan paparan sinar matahari yang terbatas masyarakatnya punya kebiasaan berjemur saat musim panas untuk memberi asupan sinar matahari bagi tulang dan kulit mereka. Bersyukur kita yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia, sinar matahari bukan hal yang sulit didapat. 

Sinar matahari yang bermanfaat adalah yang bersinar dibawah jam 9 pagi. Selebihnya memang terlalu terik dan mengandung sinar UV yang berefek kurang baik bagi kulit. Salah satu manfaat dari berjemur di pagi hari adalah untuk membakar lemak dan kalori yang menumpuk di tubuh, bagi penderita obesitas, berjemur dibawah sinar matahari sebelum pukul 9 pagi bisa menurunkan berat badan.

Dilansir oleh laman Dailymail, peneliti yang dilakukan oleh Universities of Southampton dan Edinburgh mengungkap bahwa sinar ultraviolet dapat menekan pertumbuhan lemak di tubuh. Selain itu, sinar matahari pagi meningkatkan produksi oksida nitrat dalam darah sehingga insulin dapat bekerja dengan baik.Tanpa adanya oksida nitrat ini insulin tidak bisa bekerja dengan baik dan Anda bisa terkena diabetes, tulis hasil studi tersebut. (kjs)
Share To:

redaksi

Post A Comment: