Infosekayu.com  - Jangan Simpan Korek Api di Dasbor Mobil, Ini Bahaya yang Terjadi, Anda Bakal Menyesal. Berhati-hatilah dan lebih teliti lagi jika kendaraan anda tak ingin bernasib sama seperti mobil satu ini.

Baru-baru ini sebuah tayangan video yang memperlihatkan kondisi sebuah mobil muncul di lini massa media sosial. Mobil tersebut hancur cukup parah pada bagian ruang dalamnya.

Penyebabnya hanya karena sebuah benda kecil, namun cukup berpotensi menimbulkan bahaya yang besar. Ya, benda kecil itu adalah korek api atau yang juga sering disebut mancis.

Video penampakan kondisi mobil yang hancur akibat korek api itu diunggah oleh akun Instagram @ndorobeii, Selasa (27/10/2020).

Seperti dalam tayangan video berdurasi 27 detik tersebut, terlihat bagian dasbor mobil di posisi kanan stir hancur parah.

Bukan hanya pada bagian dasbornya saja, kaca bagian depannya juga retak parah hampir seluruhnya. Kerusakan parah lainnya juga menjalar hingga ke bagian plafon mobil.

Pada bagian ini, hampir setengah plafonnya juga ikut hancur. Kerusakan pada bagian dasbor dan plafon mobil itu terlihat seperti terkena ledakan.

Ya, menurut si perekam video, kondisi mobilnya yang hancur itu disebabkan karena korek api atau mancis yang meledak. Si perekam video mengatakan, korek api tersebut diletakkan di atas dasbor mobil.

Korek itu meledak, akibat tak tahan uap panas hingga meledak. "Ini gara-gara korek api yang mancis biasa tu, ditaruk di dashboard. Terus kena panas, jadi meleduk ini ya Allah,'" kata si perekam.

Melihat kondisi mobil akibat kelalaiannya yang menyimpan korek api di bagian dasbor, si perekam pun mengingatkan warganet untuk lebih berhati-hati dan tidak melakukan hal yang sama.

Ia mengingatkan agar warganet tidak meninggalkan korek api di bagian dasbor agar mobil mereka tidak bernasib sama seperti mobilnya. Menyimpan korek api di dasbor mobil memang sangat berbahaya dan bisa beresiko terjadi hal seperti yang dialami oleh pemilik dalam video tersebut.

Pasalnya, korek api yang disimpan di bagian itu akan terkena paparan langsung sinar matahari. Apalagi jika mobil dibiarkan lama di parkiran.

Mengutip Otomotifnet.com, Service Manager Astrido Toyota Fatmawati, Jakarta, Dede Supriadi mengungkapkan, korek gas merupakan benda yang berpotensi menimbulkan ledakan, maka bukan tidak mungkin bisa menyebabkan kebakaran.

"Korek gas itu kan punya potensi meledak kalau dibiarkan ditaruh lama di dasbor atau di konsol tengah dan terus terpapar matahari langsung," kata Dede.

Dede menjelaskan, selain karena paparan langsung sinar matahari, korek gas di dalam kabin mobil juga dapat meledak jika suhu kabin sangat tinggi.

Dede menegaskan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, disarankan untuk tidak menaruh benda atau barang yang berpotensi meledak di dasbor.

"Ponsel pun begitu juga kalau baterainya panas, ditambah suhu kabin panas, bisa meledak,” tutup Dede. 

Sumber : Serambinews.com

Share To:

redaksi

Post A Comment: