Jakarta, Infosekayu.com — Sikap anak-anak seringkali enggak seperti apa yang diinginkan orang tua. Mereka belum bisa memilih mana yang baik dan mana yang enggak dalam bertindak. Disaat anak melakukan kesalahan, umumnya orang tua langsung memberikan teguran.

Namun, Moms, tahukah kamu bahwa memberikan teguran kepada anak juga ada aturannya? Ada beberapa hal yang sering kamu lakukan, ternyata itu enggak baik untuk anak lho!

Merangkum dari berbagai sumber, Sabtu (16/01/2021), berikut beberapa kesalahan orang tua saat menegur anak!

1. Orang Tua Enggak Menghormati

Para orang tua meminta anak-anak mereka untuk menghormati mereka, tetapi terkadang mereka lupa bahwa rasa hormat harus menjadi jalan dua arah. Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang tua saat mendisiplinkan anak adalah berteriak, berbicara dengan nada kasar dan marah.

2. Mendisiplinkan Saat Marah

Mendisiplinkan anak saat marah sudah pasti termasuk dalam kategori larangan itu. Luangkan waktu beberapa menit untuk menenangkan dan mengumpulkan pikiran sebelum berbicara dengan anak tentang perilaku buruk mereka.

3. Enggak Konsisten

Moms menegur anak karena enggak membersihkan kamarnya, tetapi mengabaikannya ketika kamar mereka berantakan selama berhari-hari. Baiknya, beri anak arahan yang jelas dan sederhana serta daftar harapan yang realistis.

4. Terlalu Banyak Berbicara

Memberikan penjelasan yang panjang dan terperinci tentang perilaku enggak pantas anak bukanlah ide yang baik. Bersikaplah langsung dan jelaskan hal-hal yang menjadi dasar-dasar untuk anak, Moms.

5. Berpikir Bahwa Mendisiplinkan Itu Menghukum

Seringkali orang tua lupa bahwa tujuan mendisiplinkan anak adalah memberi mereka pedoman dan batasan yang tegas agar mereka enggak perlu dihukum.

Sumber : HerStory 

Share To:

redaksi

Post A Comment: