INFOSEKAYU.COM - Kamu pasti sudah pernah mengalami sendiri, bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Bulan ini selalu ditunggu kedatangannya setiap tahun karena banyak hikmah dan berkah di bulan Ramadhan tersebut. Di Indonesia sendiri, ada beberapa hal unik yang hanya bisa ditemui di bulan puasa. Berikut 7 fakta unik tentang bulan Ramadhan di Indonesia.

1. Membangunkan orang sahur. 

Kegiatan ini sudah berlangsung sejak lama dan menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Biasanya warga yang membangunkan warga lain untuk sahur akan berkeliling membawa alat pukul seperti gallon, penggorengan, atau kentongan bambu. Sambil berkeliling mereka juga meneriakkan kata “sahuuur, sahuuur!” bahkan kadang dengan sedikit dilagukan menyelaraskan dengan ketukan alat pukul di atas.


2. Kolak

Kolakmerupakan makanan khas berbuka puasa yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Kebanyakan orang Indonesia saat berbuka puasa pastilah mengonsumsi kolak, walaupun tidak semuanya. Kolak yang merupakan olahan berbahan dasar pisang ini rasanya manis dan tepat buat dikonsumsi setelah seharian berpuasa.

 

3. Buka puasa bersama

Kegiatan yang biasa kita sebut dengan “BukBer” ini sudah menjadi kebiasaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Selain itu bukber juga berfungsi sebagai ajang silaturahmi untuk sesama umat Muslim. Sebentar lagi pasti handphone kalian akan penuh dengan ajakan bukber, entah bukber SD, SMP, SMA, alumni, teman kantor, dan sebagainya. Biasanya bukber ini diadakan di tempat tertentu yang disepakati, entah rumah makan, rumah teman, atau mungkin rumahmu sendiri.

 

4. Memukul bedug.

Ketika berada di bulan yang penuh berkah ini, hari-hari memang terasa lebih menyenangkan dibandingkan bulan lainnya. Salah satu penyebabnya karena kita bisa mendengarkan alunan bedug yang dipukul. Kegiatan ini biasa dilakukan setelah selesai sholat tarawih di masjid maupun di mushola-mushola terdekat. Apalagi di malam takbiran menjelang Hari Raya Idul Fitri, semaraknya tabuhan bedug akan semakin meriah.

 

5. Menyalakan petasan.

Tradisi menyalakan petasan tidak hanya dilakukan pada saat Tahun Baru, tapi juga pada saat bulan Ramadhan. Biasanya orang-orang akan menyalakan petasan pada malam hari atau sesudah sholat tarawih.

 

6. Masjid tiba-tiba ramai.

Mungkin hal ini terjadi hampir di seluruh daerah di mana masjid yang biasanya sepi di hari biasa tiba-tiba menjadi ramai saat memasuki awal bulan Ramadhan. Namun sangat disayangkan juga, aktivitas masjid yang tiba-tiba membludak ini lambat laun terus menurun hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

7. Ngabuburit.

Ngabuburit merupakan salah satu tradisi unik yang biasa kita lakukan pada saat bulan Ramadhan. Kamu semua pasti tahu kan apa yang disebut dengan ngabuburit? Ngabuburit merupakan aktivitas seseorang untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa. Misalnya dengan berjalan-jalan di pusat kota, hunting makanan untuk berbuka, dan sebagainya.


Share To:

redaksi

Post A Comment: