PALEMBANG, INFOSEKAYU.COM – Selama dua hari Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) V Sumatera Selatan (Sumsel) akan melakukan penutupan Jembatan Ampera, mulai 26-28 September. Senin 26 – 27 September ditutup mulai pukul 22.30 – 03.30 WIB. Selasa 27-28 September mulai pukul 22.30 – 03.30 WIB.

Hal ini ditegaskan Kepala BBPJN V Sumsel, Kiagus Syaiful Anwar, Kamis (23/9). Dikatakannya, ditutupnya jembatan tersebut karena akan dilakukan penggujian dynamic loading test/uji beban dinamis Jembatan Ampera. Penutupan jalan dilakukan malam sampai dini hari agar tidak mengganggu aktifitas masyarakat.

“Untuk itu diharapkan masyarakat bisa antisipasi untuk cari jalan alternatif, dan dengan koordinasi forum jalan untuk mengatur arus lalu lintas,” ujarnya.

Ia menyebutkan, penutupan lalu lintas akan dibagi 5 titik. Titik satu, penutupan total pada sisi hilir Jembatan Ampera (Bundaran Air Mancur). Lalu lintas diarahkan melalui Jalan Merdeka menuju jembatan Musi VI.

Titik dua, penutupan total pada sisi hulu Jembatan Ampera. Lalu lintas diarahkan melalui jembatan Musi IV (via Plaju) dan Musi VI (via Kertapati).Titik tiga, penutupan dari Kertapati belok kiri menuju jembatan Ampera, sehingga lalu lintas dialihkan ke arah Plaju/Musi IV.

“Jalur alternatif dari Seberang Ulu (SU) ke Seberang Ilir Dari plaju, Kertapati, Jakabaring, dan sekitarnya, dapat melewati Jembatan Musi IV atau Jembatan Musi VI. Sedangkan untuk Seberang Ilir ke Seberang Ulu dari Jalan Sudirman dialihkan menuju Jalan Merdeka ke arah Jembatan Musi VI. Untuk dari daerah Bom Baru dan sekitarnya dapat melewati Jembatan Musi IV,” katanya.

Terkait dengan pengerjaan uji beban dinamis dilakukan untuk melakukan kajian kapasitas struktur Jembatan Ampera, dikarenakan usia Jembatan Ampera yang sudah hampir 60 tahun.

“Melalui kajian ini kita ingin tahu, sebenarnya berapa kemampuan/kekuatan jembatan Ampera ini sebenarnya. Hasil dari kajian ini akan kita lihat apakah ada yang perlu diperbaiki,” jelasnya.

Sumber : palpres.com 

Share To:

redaksi

Post A Comment: