INFOSEKAYU.COM  - Kabar duka datang dari YouTuber Mbah Minto, nenek ikonik asal Klaten, Jawa Tengah.Selama ini dikenal sebagai nenek gaul, kini YouTuber Mbah Minto telah berpulang untuk selama-lamanya.

Mbah Minto diketahui meninggal dunia pada, Rabu (22/12/2021) pukul 21.00 WIB.Sebelumnya Mbah Minto sempat menjalani perawatan di rumah sakit selama 11 hari. Aris, salah satu cucu Mbah Minto mengaku sang nenek sebelumnya sempat terjatuh di kamar mandi.

Aris menceritakan saat itu dia baru saja pulang dari bekerja.Saat masuk rumah dia dibuat bingung karena kondisi rumah yang berantakan."Saya pulang kerja jam 2 (siang), curiga rumah kok berantakan.Terus saya bersih-bersih rumah terus kerasa pengen pipis.

Sampai kamar mandi tapi pintu enggak bisa dibuka saya coba naik ke atas, tahu-tahu lihat Simbah sudah jatuh," ucap Aris. Sontak, melihat kejadian itu Aris berteriak memanggil tetangga. Ia segera masuk lewat atap dan memindahkan Mbah Minto ke kasur.

Selanjutnya Mbah Minto dibawa ke IGD Rumah Sakit Bagas Waras untuk mendapat pertolongan.Di sana Mbah Minto menjalani rontgen.Keluargaterkejut lantaran Mbah Minto mengalami pecah pembuluh darah dan terdapat tumor otak.

Karena kondisi tak kunjung membaik, Senin (20/12/2021) Sore Mbah Minto dirujuk ke Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten.Arismenjelaskan di RSI Mbah Minto langsung dimasukkan ke ICU selama sehari dan dihari berikutnya menjalani operasi.

"Di RSI kan masuk ICU sehari habis itu Operasi. Setelah operasi masuk ke bangsal biasa," tutur Aris.Aris menambahkan bahwa keadaan Mbah minto semakin membaik setelah operasi.

Namun keadaan itu tak berlangsung lama, setelah 2 hari operasi Mbah Minto kembali drop."Setelah 2 hari keadaan memburuk, sempet ngedrop lagi.Udah batuk batuk-batuk keluar lendir,"

Saat itu Aris dan keluarga meradang karena setelah menghubungi perawat tidak kunjung mendapat tindakan.Sampai akhirnya mendapat tindakan namun sudah tidak tertolong lagi.

"Ya manggil perawat gitu kan, nyampe 3 kali manggil tidak ada tindakan ya sempet ada rasa emosi gitu," ucap Aris."Akhirnya ada tindakan juga, namun ya akhirnya simbah ya kayak gini (meninggal)," ucap Aris.

Aris menambahkan bahwa youtuber Ucup Klaten juga turut membantu Mbah Minto dari awal masuk rumah sakit hingga akhirnya meninggal dunia.Aris memohon doanya untuk Mbah Minto semoga husnul khotimah dan diterima segala amal dan ibadahnya.

Mbah Minto Meninggal Usia 80 Tahun, Dikenal Lewat Video Gagal Mudik, Dapat THR dari Ganjar Pranowo

Rasa kehilangan atas kepergian Mbah Minto juga dirasakan oleh YouTuber Ucup Klaten."Sugeng tindak simbok... Terimakasih untuk semua kebaikan dan ketulusanmu, karya-karyamu akan selalu kami kenang. TIM UK," tulis ucup_jbsklaten dalam postingannya di instagram dilihat TribunJogja.com, Kamis (23/12/2021) pagi.

Pastingan ucup_jbsklaten itu mendapat puluhan ribu like dari pengguna instagram dan dikomentari oleh ribuan akun pada Kamis pagi.Beberapa komentar duka yang terlihat pada unggahan tersebut.

"Nderek belasungkawa mass, amin. Suwargi langgeng," tulis akun ndarboy_genk di postingan ucup_jbsklaten itu."Sugeng tindak mbah. Al-fatihah," tulis akun ham_wib masih pada postingan ucup_jbsklaten

Sosoknya Viral karena Video Gagal Mudik

Sosok Mbah Minto menjadi perhatian publik setelah video parodi gagal mudik diunggah di channel YouTube Ucup Klaten viral.Dalam video itu, nenek berusia sekitar 80 tahun ini berperan sebagai simbok atau ibu.

Sedang Ucup atau yang memiliki nama asli Muhammad Sofyan berperan sebagai anak.Video berdurasi sekitar sembilan menit ini menceritakan tentang keinginan anak untuk pulang kampung.

Sejak adanya wabah virus corona, si anak ini tidak bisa ke mana-mana dan hanya berada di dalam kontrakan.Mbah Minto meninggal dunia (YouTube Ucup Klaten)

Si anak kemudian menelepon simbok memberitahukan kalau dirinya ingin pulang.Saat mendengar keinginan si anak yang ingin pulang, dia kemudian melarangnya.

Dalam video ini simbok yang diceritakan terlihat tengah duduk di dekat tumpukan kayu bakar, saat mengangkat telepon si anak.Simbok meminta si anak untuk menuruti perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tidak mudik.

"Wis le rasah mulih (sudah tidak usah pulang nak). Manuto karo Pakde Jokowi (patuh sama Pakde Jokowi)," katanya dalam bahasa Jawa.Video parodi gagal mudik Mbah Minto yang diunggah di channel Ucup Klaten pada 28 April 2020 tersebut telah dilihat sebanyak 1,7 juta orang dan mendapat lebih dari 2.300 komentar.

Pembuat video Youtube gagal mudik Muhammad Sofyan (30) bercerita, telah membuat akun YouTube sejak 2013, tapi mulai aktif mengunggah video baru sekitar 1,5 tahun belakangan.

"Sudah banyak konten video yang saya buat. Tidak hanya sama Mbah Minto, tapi ada beberapa orang juga saya ajak untuk buat konten video," katanya saat ditemui Kompas.com di Klaten, Jawa Tengah, Senin (4/5/2020).

Dari sekian pemeran yang ikut terlibat dalam pembuatan video, kata Sofyan, Mbah Minto menjadi sosok pemeran yang membuat videonya viral.

Ide pembuatan video gagal mudik ini berangkat dari fenomena pemudik yang pulang lebih awal karena pandemi virus corona.Mereka khawatir dengan pulangnya pemudik ke kampung akan membawa virus corona.

"Sudah mau Lebaran nanti banyak yang mudik. Karena di sini mayoritas pemudik. Saya khawatir malah menularkan virus. Konsepnya tidak pulang kampung anak dan ibu," ungkap alumni SMK Muhammadiyah 1 Klaten Tengah.

Pembuatan video gagal mudik itu hanya dilakukan berdua dengan Mbah Minto yang berperan sebagai simbok.Dia beralasan mengajak Mbah Minto karena merupakan tetangga dekat. Mbah Minto selama ini juga hidup sendiri di rumah.

Keinginannya mengajak Mbah Minto adalah untuk menghibur.Saat mengambil video bersama Mbah Minto, Sofyan tidak menggunakan teks tertulis.

"Saya yang bikin cerita, dan bikin skenarionya. Itu sponitas. Jadi, sudah saya konsep Mbah Minto tinggal mengikuti aba-aba dari saya. Tidak butuh waktu lama bikin video itu," sebut Sofyan.Video gagal mudik Mbah Minto sampai mengundang perhatian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Bahkan, orang nomor satu di Jawa Tengah itu langsung menghubungi Mbah Minto via live Instagram.Tidak hanya itu, Ganjar juga memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada Mbah Minto sebesar Rp 1 juta lewat Sofyan.

"Iya, sama Pak Ganjar dapat THR Rp 1 juta," kata Sofyan.Sementara saat ditemui di rumahnya, Mbah Minto dalam kondisi sedang sakit.Dia tidak bisa ditanyai lebih banyak tentang pembuatan video gagal mudik dengan Ucup.

Mbah Minto tidak menyangka video gagal mudik yang diperankannya bersama Ucup tersebut viral di media sosial."Kulo mboten nyongko dadi viral (saya tidak menyangka jadi viral)," ucap Mbah Minto.

Rencana Dimakamkan di Klaten

Minto Suwito Siyam atau dikenal dengan nama Mbah Minto meninggal dunia pada Rabu (22/12/2021) sekitar pukul 21.00 WIB di RSI Klaten.Mbah Minto menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten dalam usia 85 tahun.

Informasi yang dihimpun TribunJogja.com, Mbah Minto akan dimakamkan di Sasonoloyo Wonosegaran Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat pada Kamis (23/12/2021) pukul 14.00 WIB.Almarhumah Mbah Minto meninggalkan 4 anak dan menantu, serta 15 cucu serta 4 buyut.

Sumber : TRIBUNNEWSMAKER.COM 

Share To:

redaksi

Post A Comment: