LUBUK LINGGAU , INFOSEKAYU.COM  – Seorang tahanan ditemukan tewas dalam penjara dengan luka lebam di beberapa bagian tubuhnya, Senin, 14 Februari 2022.

Diketahui tahanan yang tewas itu pria berinisial H (45), warga Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Lubuk Linggau Utara I, Kota Lubuk Linggau. H merupakan seorang tersangka kasus dugaan pencurian yang sudah dalam tahap penyidikan.

Menurut keterangan Kepala Bidang Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi di Palembang, Senin, 21 Februari 2022 mengatakan pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan terhadap anggota Polsek Lubuk Linggau Utara oleh Bidang Propam Polda Sumsel bersama Polres Lubuk Linggau.

Dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan saat ini, Polda Sumsel telah menonaktifkan lima aparat kepolisian Polsek Lubuk Linggau dari jabatannya. Diketahui, kelimanya merupakan penyidik yang menangani kasus tahanan tersebut.

"Bila ditemukan ada unsur kelalaian akan ditindak tegas sesuai hukum. Hasil pemeriksaan akan kami buka secara transparan," katanya dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada Selasa, 22 Februari 2022.

Sementara itu, sampai saat ini Polda Sumsel belum dapat memastikan penyebab kematian H. Hal itu berdasarkan pada hasil visum terhadap jenazah tahanan yang dilakukan oleh tim medis rumah sakit di Kota Lubuk Linggau.

"Hasil visum rumah sakit menyatakan tidak dapat memastikan penyebab kematian tahanan itu, karena tidak ada pemeriksaan dalam atau autopsi," katanya.

Berdasarkan hasil visum yang telah dilakukan, Kombes Supriadi mengatakan tindakan selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga untuk dilakukan autopsi. Pasalnya menurut aturan, proses autopsi bisa dilakukan setelah ada persetujuan dari pihak keluarga, dan proses tersebut akan ditangani oleh Polres Lubuk Linggau.

"Selebihnya terkait proses tersebut lebih jelasnya ditangani oleh Polres Lubuk Linggau," ucapnya.

Atas kejadian tersebut, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Selatan Irjen Pol Toni Harmanto diwakili Kepala Bidang Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi turut menyampaikan permohonan maaf kepada pihak keluarga atas tewasnya tahanan Polsek Lubuk Linggau Utara, Kota Lubuk Linggau beberapa waktu lalu.

"Bapak Kapolda sangat menyayangkan terhadap kasus ini, beliau selaku pimpinan Polda Sumsel menyampaikan permohonan maaf kepada pihak keluarga korban," katanya.

Kombes Supriadi mengatakan Kapolda Sumsel berkomitmen untuk menindak tegas terhadap siapa pun anggotanya yang melakukan pelanggaran.

"Itu komitmen dari Bapak Kapolda," ujarnya.

Sumber : pikiran rakyat 

Share To:

redaksi

Post A Comment: