Maroko, Infosekayu.com - Nama Rayan Awram menjadi perhatian dunia. Bocah 5 tahun itu jatuh ke dalam sumur sedalam 32 meter. Upaya penyelamatan berakhir dengan tragis. Ia ditemukan dalam kondisi meninggal.

Dilansir dari Sindonews, jutaan orang di seluruh dunia yang menonton tayangan video langsung dari tempat kejadian menahan napas saat tim penyelamat dan tim medis keluar dari terowongan yang membawa Rayan Awram, yang telah terperangkap sejak Selasa lalu.

Operasi penyelamatan terus-menerus tertunda oleh batu dan terancam oleh ancaman tanah longsor.

Bocah itu terbungkus selimut kuning setelah dia muncul dari terowongan yang digali khusus untuk penyelamatan, dan segera dibawa dengan ambulans ke helikopter di mana dia diangkut ke rumah sakit terdekat, sesaat sebelum istana Kerajaan Maroko mengeluarkan pernyataan yang mengkonfirmasi kematiannya.

Hingga saat ini bagaimana bocah itu bisa jatuh ke dalam sumur tidak diketahui dengan jelas.

Rayan jatuh ke sumur 32 meter yang terletak di luar rumahnya di desa Ighran di provinsi Chefchaouen utara pegunungan Maroko pada Selasa malam.

Desa berpenduduk sekitar 500 orang ini dipenuhi dengan sumur dalam, banyak yang digunakan untuk mengairi tanaman ganja yang merupakan sumber pendapatan utama bagi banyak orang di wilayah Pegunungan Rif Maroko yang miskin, terpencil dan gersang. Sebagian besar sumur memiliki tutup pelindung.

Seorang kerabat laki-laki dari anak itu mengatakan kepada Reuters TV bahwa keluarga itu pertama kali menyadari bahwa dia hilang ketika mereka mendengar tangisan teredam dan menurunkan telepon dengan lampu dan kamera menyala untuk menemukannya.

“Dia menangis ‘angkat saya’,” kata kerabat itu seperti dikutip dari Arab News, Minggu (6/2/2022).

Para pekerja dengan penggali mekanik telah berusaha sepanjang waktu untuk menyelamatkan Rayan Awram.

Tim penyelamat menggunakan tali untuk mengirim oksigen dan air ke bocah itu serta kamera untuk memantaunya.

Pada Sabtu pagi, kepala komite penyelamatan, Abdelhadi Temrani, mengatakan: “Tidak mungkin untuk menentukan kondisi anak sama sekali saat ini. Tapi kami berharap kepada Tuhan bahwa anak itu masih hidup.”

Tamrani mengatakan sulit untuk menentukan kondisi kesehatan anak itu karena kamera yang dijatuhkan ke sumur menunjukkan dia berbaring miring

“Kami berharap kami akan menyelamatkannya hidup-hidup,” ia menambahkan.

Bulan Sabit Merah juga membenarkan bahwa pihaknya telah memberikan oksigen terus menerus kepada bocah lelaki itu sejak Selasa malam.

Tim penyelamat, menggunakan buldoser dan pemuat front-end, menggali tanah merah di sekitarnya hingga ke tingkat di mana bocah itu terperangkap dan menggali secara horizontal ke arahnya, dengan tangan.

Mereka menghadapi risiko tanah longsor, dan pada hari Sabtu harus bermanuver di sekitar batu besar yang menghalangi jalan mereka.

Sebelumnya dalam kegelapan, kru telah memindahkan pipa berat ke posisinya di daerah tersebut. Seorang penyelamat membawa apa yang tampak seperti jackhammer.

Dingin glasial telah mencengkeram wilayah pegunungan dan miskin ini, yang berada pada ketinggian sekitar 700 meter.

Ribuan orang telah berkumpul dan bahkan berkemah dalam solidaritas di sekitar lokasi dalam beberapa hari terakhir dan para penonton bertepuk tangan untuk menyemangati para penyelamat, menyanyikan lagu-lagu religi atau berdoa, serentak meneriakkan takbir “Allahu akbar.”

Porosnya, yang lebarnya hanya 45 sentimeter, terlalu sempit untuk mencapai Rayan, dan pelebarannya dianggap terlalu berisiko — jadi penggerak tanah menggali lereng lebar ke bukit untuk mencapainya dari samping.

Operasi telah membuat lanskap menyerupai lokasi konstruksi. Ini melibatkan insinyur dan topografi, dan dibuat lebih kompleks dengan campuran tanah berbatu dan berpasir.

“Saya terus berharap anak saya akan keluar dari sumur hidup-hidup,” kata ayah Rayan kepada televisi publik 2M pada Jumat malam.

“Saya berterima kasih kepada semua orang yang terlibat dan mereka yang mendukung kami di Maroko dan di tempat lain,” imbuhnya.

Dia mengatakan pada awal minggu bahwa dia telah memperbaiki sumur ketika anak laki-laki itu jatuh.

Namun upaya itu berakhir tragis. Rayan dinyatakan meninggal dunia setelah berjuang bertahan hidup selama empat hari. Istana kerajaan Maroko mengkonfirmasi bahwa Rayan telah meninggal.

Raja Maroko Mohammed VI melakukan panggilan telepon ke Khaled Awram dan Wassima Khersheesh, orang tua Rayan, untuk menyampaikan belasungkawa kepada keluarga atas kematian tragis bocah itu, kata istana dalam pernyataan terpisah. 

Sumber : (Sindonews)

Share To:

redaksi

Post A Comment: