JAKARTA, INFOSEKAYU.COM  - Ada wajah baru di kabinet Presiden Joko Widodo mulai Rabu (7/9/2022) siang ini. Presiden Jokowi dijadwalkan melantik Abdullah Azwar Anas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Dia akan menempati pos Menteri Pendayagunaan   Aparatur Negara dan    Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Sumber Kompas.com dari pemerintahan mengatakan, pelantikan digelar pukul 13.30 WIB.

"Pelantikan Menpan RB pukul 13.30 WIB. Hari ini," kata sumber pada Rabu pagi.

"Yang dilantik Azwar Anas," lanjut sumber itu.

Abdullah Azwar Anas dikenal luas oleh publik sebagai Bupati Banyuwangi yang menjabat sejak 21 Oktober 2010 hingga 17 Februari 2021.

Sejak 13 Januari 2022, ia menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Azwar diketahui juga merupakan politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, menduga Presiden Joko Widodo tidak kunjung melantik Menpan RB definitif karena kegiatan yang padat. Hal ini ia sampaikan saat ditanya soal kemungkinan adanya pengisian jabatan Menpan-RB dalam waktu dekat.

"Karena mungkin Pak Presiden kan sibuk," kata Heru di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Presiden Jokowi baru saja menyelesaikan lawatan ke Papua, Maluku, dan Lampung, pada pekan lalu.

Kemudian, pada Senin (5/9/2022), Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr, dan akan menghadiri acara Kementerian Pertahanan pada Kamis (8/9/2022).

Lebih lanjut, Heru menyebut isu penetapan Menpan-RB merupakan ranah Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

"Kalau Menpan kan ada urusannya Pak Mensesneg, Pak Seskab," ujar Heru.

Posisi Menpan-RB definitif sudah kosong selama lebih dari dua bulan setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Setelah Tjahjo Kumolo wafat, Jokowi telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, sebagai pelaksana tugas Menpan-RB. PDIP diketahui sudah menyerahkan sejumlah nama untuk menempati posisi Menpan-RB. (Tribun Jabar)

Share To:

redaksi

Post A Comment: