Serasan Jaya, Infosekayu.com – Riuh sorak sorai saat pagi menjelang  disambut riang oleh anak-anak yang mengisi liburan sekolah mereka, yang berakhir di tanggal 9 Januari 2017 ini. Tepatnya di RT/RW 003/002 Kelurahan Serasan Jaya Sekayu. Mereka mengisi liburannya dengan berbagai macam permainan tradisional yang masih bertahan dari dahulu hingga saat ini seperti permainan ekar Kepalak Ulo, selupis (kelereng), Jerjer, Yeye, Galar, Bola Kasti Sakopi Angat, Saling Tuntut (Petak Kumpet), Tekong, dan permainan tradisional lainnya. Tentunya kalau kita mengingat kenangan masa kecil kita dahulu kita merasa akan sangat bersyukur karena telah melewati masa-masa yang begitu indah saat bermain permainan anak tradisional ini yang sarat akan banyak hal positiv yang terkandung di dalamnya seperti meningkatkan rasa kebersamaan, keakraban, serta melatih bersosialisasi.

Hal tersebut sudah jauh berbanding terbalik dengan kehidupan kebanyakan anak-anak di masa kini yang sudah sangat jarang bermain permainan tradisional yang mana mereka lebih cenderung menyukai game gadget atau Permainan elektronik seperti di smartphone, Tablet, Ipad dan semacamnya. Hal ini ditakutkan akan mempengaruhi kehidupan anak seperti cenderung bersikap malas bergaul/ bersosialisasi, individualis dan kurang peduli pada sekitar lantaran terlalu fokus pada gadgetnya. Tapi hal ini tak berlaku bagi anak-anak di RT 003 ini, mereka masih sangat menyukai permainan tradisional bahkan mereka mengakuinya pada tim Infosekayu.com jikalau momen seperti ini sangatlah ditunggu-tunggu terutama saat liburan sekolah karena mereka saat-saat seperti inilah mereka bisa bermain sepuasnya bersama teman-teman sekitaran rumahnya. Berikut beberapa hasil petikan wawancaranya oleh tim infosekayu.com dengan beberapa anak tersebut.

Senang nia kak kami libur sekolah cak ikak, karene kami pacak bosek-bosek maen ekar, maen tekong, maen ambulan, maen galar. Tapi amon ku tuh paling seru maen ekar kepalak ulo kak karene ku galak menang pentan, mikak lah segelok ku menang ekar mon maen ambulan ku dak agam karene galak kalah ku like kelecing.” Tukas Rizal saat di sela waktu ia bermain kelereng kegemarannya.

Tetapi berbeda halnya dengan Rizal tadi, justru Rika atau anak perempuan polos ini sangat menyukai permainan jerjer karena menurutnya di paling sering memainkan permainan tradisional ini. 


Ku paling agam maen jerjer kak karene ku lihai nia maen sekak ku menang terus, oh ao kak ku pacak galek maen segalek jenis jerjer dai jerjer umah, pesawat, manusio, sapu tangan ngen gek lain-lainnye. Ku dak agam maen ambulan ngen ekar ughang galak maen peruci kak. Mon dak becaye tanye bae kak di kawanku” tutupnya dengan ceria pagi itu.

Tak lupa di akhir peliputan tim Infodekayu.com mewawancarai salah satu orang tua anak-anak tersebut terkait permainan tradisional itu. Adalah Zulhaidir (38), “kami senang nia dek mon anak-anak kami kak bosek nyeragi kami gempai tuh, maen jerjer ambulan, galar, tekong ngen lainnye karene selain menyenangke permaenan tradisional tuh banyak manfaatnye contohnye ngajoke budak begaol, bekawan dem tuh melateh mangken budak tuh percaye diri” tutupnya.
Penulis : Zulkarnain Putra


Share To:

redaksi

Post A Comment: