Palembang, infosekayu.com - Ketua DPRD Sumatera Selatan (Sumsel), HM Giri Ramanda N Kiemas mengharapkan agar di masa yang akan datang, sosialiasi pilkada kepada masyarakat terus ditingkatkan.

Hal itu dikemukakannya mengingat pilkada Musi Banyuasin (Muba) yang dilaksanakan 15 Februari kemarin terbilang rendah partisipasinya. 


Menurut Giri minimnya partisipasi pemilih disebabkan cuaca buruk, dimana pada pelaksanaan pemungutan suara hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Muba sehingga membuat pemilih tidak hadir ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya.


“Di beberapa tempat partisipasi rendah karena faktor cuaca yang mempengaruhi kehadiran pemilih. Sehingga  partisipasinya 58 persen,” kata Giri, Kamis (16/2). 


Selain faktor cuaca, kurangnya sosialiasi kepada masyarakat terhadap pentingnya pilkada serta keterbatasan alat peraga menjadi pemicu rendahnya partisipasi pemilih.


Untuk pada pilkada mendatang Giri menyarankan sosialiasi kepada masyarakat akan pentingnya pilkada perlu ditingkatkan. 

“Sosialiasi keberadaan pentingnya pilkada itu perlu ditingkatkan, artinya jangan sampai masyarakat merasa tidak ada untungnya datang ke TPS atau merasa tidak penting,” ujarnya. 

Ditambahkan, kedepan mungkin regulasi alat peraga kampanye yang selama ini disediakan KPU, bisa ditambahkan oleh masing masing tim sukses, namun penyebarannya ditentukan oleh KPU. (red/01).
Share To:

redaksi

Post A Comment: