Sekayu, Infosekayu.com - Rambai (Baccaurea motleyana) adalah sejenis buah-buahan dan tumbuhan penghasilnya yang tumbuh liar atau setengah liar di kebun-kebun Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia (terutama Sumatera dan Kalimantan). 


Rambai atau Ambai (Namanya di Muba)


Rambai masih berkerabat dekat dengan menteng/kepundung, bahkan sering tertukarkan. Perbedaannya adalah bahwa bunga dan buah menteng tumbuh di ujung dahan. Selain itu, rambai relatif lebih manis. Di Thailand ia dikenal sebagai mafai-farang. Disamping dari itu semua ternyata rambai mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, berikut ulasannya.

Buah Rambai Matang

1. Mengatasi dehidrasi
Khasiat rambai dengan kandungan airnya yang banyak yaitu mengatasi dehidrasi. Selain air putih, Anda juga bisa mencoba mengonsumsi buah ini untuk pelepas dahaga. Selain segar, Anda pun akan mendapatkan gizi yang baik dari kandungan nutrisi di dalamnya.

2. Sumber tenaga untuk tubuh
Manfaat rambai yang berikutnya yaitu sebagai buah untuk menambah sumber tenaga pada tubuh. Buah ini memiliki cukup banyak vitamin dan mineral serta protein yang akan menjadi energy ketika dikonsumsi tubuh. Anda pun tidak akan mudah letih maupun lelah sepanjang hari.

3. Menjaga kadar gula dalam darah
Khasiat rambai yang satu ini yaitu mampu menjaga kadar gula dalam darah Anda. Buah ini tidak mengandung kadar gula yang berlebihan, sehingga tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah di tubuh Anda. Hasilnya, Anda bisa terhindar dari penyakit diabetes.

4. Membantu melancarkan sistem pencernaan

Manfaat rambai untuk pencernaan didukung oleh kandungan serat di dalamnya. Buah ini adalah buah dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Serat merupakan nutrisi yang baik untuk membuat proses mengolah makanan di dalam organ pencernaan lebih lancar.

5. Menyehatkan organ pencernaan
Khasiat rambai selain melancarkan pencernaan yaitu menjaga kesehatan organnya. Buah ini akan meningkatkan fungsi kerja dari organ pencernaan sepeti usus dan lambung. Organ pencernaan yang sehat akan membuat sistem pencernaan Anda juga sehat.

6. Obat mata merah
Mata yang merah merupakan indikasi dari gangguan mata yang disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari gatal sampai ada benda yang masuk ke dalamnya. Ternyata khasiat rambai juga berguna untuk ini. Haluskanlah beberapa buah ini kemudian ambil sarinya untuk diteteskan ke bagian mata yang merah.

7. Nutrisi ibu hamil pasca melahirkanIbu yang telah melahirkan setelah hamil membutuhkan banyak gizi untuk memulihkan kesehatan tubuhnya. Salah satu buah yang mampu menjadi sumber makanan sehat ibu hamil yaitu buah rambai. Buah ini akan memberikan energy dan tenaga ekstra untuk ibu hamil setelah melahirkan.

8. Menyembuhkan beberapa penyakit kulit
Untuk penyakit luar, khasiat rambai ternyata juga sangat ampuh. Buah ini mampu menjadi obat luar bagi beberapa penyakit kulit seperti gatal, panu, kudis, dan juga kurap. Caranya sangat sederhana, cukup haluskan saja buah ini lalu tempelkan pada kulit yang sakit.

9. Anti oksidan

Fungsi buah rambai yang penting ini mampu menjadi sumber makanan untuk melindungi Anda dari efek radikal bebas, yaitu anti oksidan. Buah ini akan dengan perlahan membentuk pertahanan pada sel tubuh Anda agar tidak menimbulkan kerusakan sel akibat radikal bebas.

10. Mencegah kanker
Buah rambai juga bisa menjadi buah yang digunakan untuk mencegah penyakit kanker. Penyakit ini sudah seharusnya menjadi penyakit yang perlu dihindari sejak dini. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi buah yang satu ini sebagai pencegah kanker ganas. (ZP)
Share To:

redaksi

Post A Comment: